Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Yogyakarta Sediakan Lebih dari 100 Titik Wifi Gratis

Kompas.com - 14/03/2019, 19:54 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Yogyakarta menginformasikan bahwa saat ini pihaknya telah menyediakan lebih dari 100 titik wifi gratis di berbagai ruang publik di Kota Yogyakarta.

Dilansir dari akun Instagram Pemerintah Kota Yogyakarta, @pemkotjogja, lebih dari 100 titik wifi ini bisa diakses di sejumlah tempat.

Lokasi itu antara lain Balaikota Yogyakarta, seluruh Kantor Pemerintah Kota Yogyakarta, 14 Kantor Kecamatan, 45 Kantor Kelurahan, dan 18 Puskesmas di Kota Yogyakarta.

"Itu sudah mulai beberapa tahun yang lalu, namun pada 2019 kami rencanakan wilayah Kota Yogyakarta ada 112 titik," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Persandian Kota Yogyakarta, Tri Hastono saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (14/3/2019).

Tak hanya itu, titik wifi gratis ini juga tersedia di ruang terbuka hijau publik yang tersebar di Yogyakarta, mulai dari Taman Legawong hingga Pakuncen.

Baca juga: Desa dan Tempat Wisata di Gunungkidul Segera Nikmati Wifi Gratis

Tri juga mengatakan bahwa adanya layanan wifi gratis ini dikarenakan tingginya mobilitas dan kebutuhan masyarakat Yogyakarta akan akses internet.

Meski kecenderungan internet digunakan untuk akses media sosial, Tri mengharapkan adanya layanan wifi gratis ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan.

"Literasi digital masyarakat kota Yogyakarta sedang tinggi-tingginya. Sehingga, tidak hanya konteks sosial media saja, tetapi juga konteks belajar mengajar bagi para siswa," ujar Tri.

Karena tingginya mobilitas untuk akses internet, masyarakat juga harus menanggung tingginya pemakaian penggunaan paket data seluler.

Oleh karena itu, Pemkot Yogyakarta melakukan inisiatif untuk menyediakan wifi gratis ini secara meluas dan diharapkan bisa digunakan dalam berbagai aspek dan menghemat pengeluaran paket data masyarakat.

"Kami juga ingin penguatan-penguatan aktivitas ekonomi kreatif dari aspek pembelajaran, aspek referensi, kalau memungkinkan sampai aspek transaksi dengan mengoptimalkan perkembangan-perkembangan teknologi informasi," kata dia.

"Pengembangan layanan publik ini bukan sekedar tren-trenan, tapi bertujuan mengurangi beban dari aspek waktu, tenaga, dan biaya dari masyarakat untuk mengakses layanan publik," ujar Tri.

Selanjutnya, pihak Pemkot Yogyakarta akan terus mengembangkan titik wifi gratis ini di tahun mendatang.

Baca juga: Wifi Disediakan di Danau Toba, Kunjungan Wisatawan Meningkat

Cara akses

Selain itu, Tri mengungkapkan bahwa cara masyarakat untuk akses wifi gratis ini sangat mudah, yakni dengan login di aplikasi Jogja Smart Service (JSS) pada ponsel.

"Siapa pun yang ingin menikmati akses wifi gratis (publik) ini bisa dengan mengunduh aplikasi Jogja Smart Service (JSS) agar bisa mengakses wifi gratis ini," ujar Tri.

Sementara, bagi warga yang tidak memiliki akun JSS bisa login menggunakan akun temporer yang bisa didapatkan dengan nomor ponsel.

Adapun cara akses ini diberlakukan agar tidak terlalu banyak perangkat yang terhubung ke wifi gratis (publik) ini.

"Karena nanti banyak konteks informasi, atau informasi layanan, sistem layanan publik, itu yang kita fasilitasi lewat JSS," ujar Tri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com