Wifi Disediakan di Danau Toba, Kunjungan Wisatawan Meningkat

Kompas.com - 25/01/2019, 19:25 WIB
Kawasan Wisata Tele Geopark Danau Toba di Kabupaten Samosir . Kementerian PUPRKawasan Wisata Tele Geopark Danau Toba di Kabupaten Samosir .

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan fasilitas wifi gratis di sekitar Danau Toba yang merupakan destinasi wisata favorit di Sumatera Utara.

Fasilitas wifi gratis ini diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi kalangan milenial untuk mengunjungi Danau Toba.

Kominfo memberikan fasilitas wifi gratis itu di sembilan titik di Kecamatan Batikraja dan Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Kedua kecamatan itu dipilih karena termasuk kawasan dataran tinggi populer versi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018.

"Pemasangan wifi gratis ini waktu ada acara kunjungan Menko Kemaritiman Perekonomian tanggal 20 Oktober 2018. Mereka memasang beberapa spot wifi, ada di Batikraja dan Sipinsur (salah satu desa di Kecamatan Paranginan)," ujar Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (25/1/2019).

"Manfaatnya agar anak-anak muda bisa balik mengunjungi Danau Toba," ujar Dosmar.

Baca juga: Soal Budidaya Ikan, Sedikit Cerita dari Danau Toba...

Dosmar juga mengungkapkan bahwa sejak Kemenkominfo menanamkan sembilan titik wifi di sekitar destinasi Danau Toba, kunjungan wisatawan meningkat secara signifikan.

"Semenjak Oktober sampai sekarang pengunjung meningkat mungkin di atas 500 persen di daerah Sipinsur itu. Sangat luar biasa, lah," ujar Dosmar.

Berdasarkan siaran pers sebelumnya, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Humbahas, Ferdinan Sitinjak mengungkapkan bahwa fasilitas wifi ini disediakan untuk memberikan pelayanan komunikasi bagi wisatawan dan mempermudah promosi wisata Danau Toba.

Menurut dia, keberadaan fasilitas wifi gratis ini tengah digencarkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk membidik pasar kaum milenial yang menjadi promosi destinasi paling aktif, khususnya media sosial.

"Saat ini internet jadi kebutuhan vital. Wisatawan senang selfie lalu meng-upload-nya di media sosial. Kondisi seperti ini harus direspons cepat. Kalau akses komunikasi mudah dan gratis, wisatawan akan semakin banyak menyambangi Danau Toba," ujar Ferdinan dalam rilis itu.

Hingga saat ini, wifi yang terpasang di Danau Toba masih berfungsi dengan baik.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X