Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Bencana Longsor dan Banjir di NTT, 8 Korban Telah Dievakuasi hingga Pasokan BBM Tersendat

Kompas.com - 11/03/2019, 13:02 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bencana banjir dan longsor di Manggarai Barat merenggut 8 nyawa warga Kampung Culu, Desa Tondong Belang, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada hari Kamis (7/3/2019).

Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumawardono mengatakan, 8 korban longsor tersebut adalah Paulinus Salim (61), lalu ibu dan dua anaknya masing-masing bernama Maria Ersi (40), Yosefa Nelti (6) dan Jelita Menta (13). Lalu Hironimus Rius (52), Leonardus Rifa (13), Remigius Sera (28) dan anaknya sulung Remigius, Fransiska Sera (8 bulan).

Kusumawardono mengatakan, korban atas nama Paulinus, Maria, Yosefa dan Jelita ditemukan pada Minggu (10/3/2019) oleh Tim SAR gabungan di Kampung Culu, Desa Tondong Belang, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat.

Baca fakta lengkapnya berikut ini:

1. Korban meninggal bencana longsor berhasil dievakuasi

Satu rumah warga di Kampung Leke, Kelurahan Kisol, Kecamatan Kota Komba, Kab. Manggarai Timur, Flores, NTT, Kamis (7/3/2019) tertimbun tanah longsor. (HAND OUT)Dok/ BPBD Manggarai Timur Satu rumah warga di Kampung Leke, Kelurahan Kisol, Kecamatan Kota Komba, Kab. Manggarai Timur, Flores, NTT, Kamis (7/3/2019) tertimbun tanah longsor. (HAND OUT)

Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumawardono mengatakan, 8 korban longsor di Kampung Culu, Desa Tondong Belang, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, ditemukan tewas.

"Jadi semua korban tanah longsor berhasil ditemukan dan dievakuasi oleh tim gabungan bencana alam Manggarai Barat," jelas Kusumawardono.

Sebelumnya, Kepala Basarnas I Putu Sudayana mengatakan, semua jasad korban longsor di Manggarai Barat sudah ditemukan. 

Baca Juga: Identitas 8 Jasad Korban Longsor di Manggarai Barat, NTT

2. Ruas jalan Ruteng-Labuan Bajo putus akibat longsor

Jalan di Manggarai Barat, NTT yang terputus akibat banjir dan longsorHand out Jalan di Manggarai Barat, NTT yang terputus akibat banjir dan longsor

Hujan deras di wilayah Manggarai Timur, Flores Barat, NTT sejak kemarin menyebabkan longsor di sejumlah lokasi, Kamis (7/3/2019).

Berdasarkan informasi yang diterima Kompas.com, ruas jalan negara Ruteng-Labuan Bajo, tepatnya di Kampung Roe-Culu lumpuh akibat tertimbun longsor.

Selain itu, sejumlah tempat di Kota Labuan Bajo mengalami banjir akibat hujan deras dari kemarin hingga Kamis.

Longsor diketahaui menimbun satu rumah warga di Kampung Leke, Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT.

Hal itu dilaporkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Antonius Dergong kepada Kompas.com, Kamis.

"Laporan dari warga Kota Komba tentang bencana itu sudah diterima pihak BPBD Manggarai Timur. Pegawai BPBD Matim sudah turun ke lokasi bencana untuk mendata kerugian dari pemilik rumah yang mengalami kerusakan tersebut," jelasnya.

Baca Juga: Longsor di Manggarai, Jalan Ruteng-Labuan Bajo Lumpuh dan 1 Rumah Tertimbun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com