Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ma'ruf Amin Ingin Setiap Masjid Punya Koperasi

Kompas.com - 04/03/2019, 23:00 WIB
Acep Nazmudin,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menginginkan setiap masjid di Indonesia, membentuk koperasi untuk kesejahteraan umat.

Keinginan tersebut dia sampaikan di hadapan 99 tokoh dan ulama Tangerang Utara, saat dirinya melakukan kunjungan ke Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (4/3/2019).

"Kita perlu melakukan ishlahul ummat dan khidmatul ummat. Kalau di setiap masjid dibentuk koperasi, ini menjadi sarana menggerakkan ekonomi umat," kata Ma'ruf, dalam sambutannya, Senin (4/3/2019).

Baca juga: Sedulur Kayu dan Mebel Ajak Tenaga Kerjanya Menangkan Jokowi-Maruf Amin

Ma'ruf mengatakan, keinginan untuk membentuk koperasi di masjid adalah bagian dari visi misi dirinya jika menjadi wakil presiden, yakni mengusung Arus Baru Ekonomi Indonesia (Arbei).

Ma'ruf mengaku, apa yang disebut sebagai Arbei tersebut tidak muncul seketika, namun sudah dia gulirkan sejak masih aktif di NU maupun di MUI.

“Tahun 2017 lalu, kita menghelat Kongres Ekonomi Ummat dan meminta pemerintah, untuk menjadikan pesantren dan majlis ta'lim sebagai mitra dalam hal pemberdayaan ekonomi,” kata dia.

Baca juga: Maruf Amin Sebut Jokowi Juga Didukung Ulama dari Banten

Ini bukan kali pertama Ma'ruf membawa isu Arbei saat kunjungan ke Banten. Beberapa waktu lalu, saat berkunjung ke Pondok Pesantren An Nawawi di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, dirinya juga mencontohkan jika pondok pesantren tersebut sudah menjalankan model dari Arbei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com