Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Wisatawan ke DIY Ditarget Naik, Agen Travel "Online" Ikut Berbenah

Kompas.com - 01/03/2019, 13:40 WIB
Aprillia Ika

Editor

KOMPAS.com - Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata paling favorit bagi wisatawan maupun mancanegara. Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan pada 2019 jumlah wisatawan ke Yogyakarta mencapai 3,47 juta wisatawan.

Kemudian hingga 2022, kunjungan wisatawan ke Yogyakarta ditargetkan naik mencapai 4 juta wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sedangkan dari data penumpang yang dihimpun oleh pihak Angkasa Pura I, jumlah penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta selama 2018 mencapai 8,5 juta orang. Jumlah tersebut naik sebesar 7,6 persen dibanding 2017.

Hal ini membuat tiket.com sebagai pionir online travel agent (OTA) di Indonesia juga melirik Yogyakarta sebagai salah satu wilayah representatifnya.

Baca juga: Jateng Targetkan Jumlah Wisatawan Meningkat 15 Persen dari Tahun Lalu

Awal tahun lalu, tiket.com hadir di Yogyakarta, dan pada Februari 2019, tiket.com melakukan re-opening kantor dengan perubahan konsep desain yang signifikan dan sesuai dengan semangat yang ada di tiket.com.

Peresmian kantor representatif tiket.com di Yogyakarta sendiri untuk menjangkau kerja sama partner di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, Semarang, Solo, Magelang dan sekitarnya.

Cisyelya Bunyamin, VP Accommodation tiket.com menjelaskan, pihaknya mencatat pertumbuhan pemesanan hotel di Indonesia bagian tengah (Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Kalimantan) secara signifikan dari tahun ke tahun.

"Dari tahun 2017 ke 2018 saja pertumbuhannya meningkat tiga kali lipat dari tahun lalu. Sedangkan untuk target pertumbuhan di tahun 2019 adalah naik 300 persen dari pencapaian tahun 2018," kata dia melalui rilis ke Kompas.com, Jumat (1/3/2019).

Baca juga: Menhub: Jumlah Turis ke Jogja Masih Kalah dari Bali, tapi Lain Jadinya jika NYIA Beroperasi...

Menurut dia, dengan berubahnya suasana kantor seperti kantor pusat di Jakarta dan kantor representatif di Bali, diharapkan dapat mengoptimalkan fungsi dari kantor representatif tersebut sekaligus memberikan suasana baru bagi para karyawan sehingga dapat meningkatkan kinerja.

Dia berharap adanya kantor representatif Yogyakarta ini diharapkan kerja sama dengan berbagai partner dan supplier penunjang wisata khususnya hotel di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya akan jauh lebih mudah.

“Selain itu, dengan adanya kantor representatif di Yogyakarta, bisa lebih mendekatkan tiket.com dengan pelanggannya yang ada di Jawa Tengah dan sekitarnya," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meyakini hadirnya Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo akan mendorong pertumbuhan jumlah wisatwan ke Yogyakarta dan sekitarnya. Dengan demikian, pariwisata Yogyakarta, terutama Borobudur, tidak kalah dari Bali.

"Selama ini turis asing sulit masuk Yogyakarta karena pesawat kecil. Harapannya, penerbangan internasional dengan pesawat besar, sehingga dampak terhadap turis dan wisata berdampak signifikan,” kata Menhub.

Pihak Angkasa Pura I sendiri kini terus membuka slot untuk jadwal penerbangan internasional di hari depan. Mereka meyakini penerbangan internasional di NYIA akan dilirik maskapai dan wisatawan dari Jepang, Korea, dan China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com