Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jateng Targetkan Jumlah Wisatawan Meningkat 15 Persen dari Tahun Lalu

Kompas.com - 01/03/2019, 06:00 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pengenalan destinasi wisata Jateng "On The Spot" 2019 merupakan strategi Pemerintah Provinsi Jateng dalam meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jateng, khususnya di wilayah Solo Raya.

Kasi Pengembangan Pasar Disporapar Jateng Tanti Apriani mengatakan melihat hasil kegiatan yang telah dilakukan bersama pelaku wisata Jatim, ditargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jateng meningkat 15 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 40 juta wisatawan.

"Dengan adanya upaya strategi pengenalan destinasi wisata Jateng "On The Spot" ini, tentu jumlah yang kita targetkan awalnya 10 persen, kita optimis kenaikan jumlah pengunjung mencapai 12-15 persen," kata Tanti, Kamis (28/2/2018).

Baca juga: 4 Destinasi Wisata di Karanganyar Jadi Tujuan Jateng On The Spot

Menurut Tanti pasca-pengenalan destinasi wisata selama tiga hari tersebut para pelaku wisata Jatim telah menyusun paket wisata di Solo Raya yang sesuai untuk segmen anak-anak, remaja, ibu-ibu maupun khusus pengajian.

"Solo Raya sudah dikenal luas. Dan yang potensinya untuk pengajian sudah ada link-nya. Seperti kemarin mengunjungi makam Astana Giribangun yang merupakan bagian wisata religi," jelas dia.

Sementara selama tiga hari para pelaku wisata Jatim dikenalkan sejumlah destinasi wisata di Solo Raya. Destinasi wisata yang dikunjungi tersebut antara lain, Museum Keris Nusantara, Pura Mangkunegaran, Air Terjun Jumog, Museum Sangiran, The Heritage Palace, Kebun Teh Kemuning, dan Makam Astana Giribangun dan lainnya.

Baca juga: Jateng Bidik Wisatawan dari Jatim, Ini Alasannya

Perwakilan dari travel agent Jatim, Kuncoro mengatakan, dengan adanya pengenalan destinasi wisata di Solo Raya dapat memberikan opsi pilihan bagi wisatawan Jatim yang ingin berkunjung ke Solo Raya.

Dari destinasi wisata yang dikunjunginya tersebut, ungkap Kuncoro ada beberapa yang tergolong baru. Misalnya The Heritage Palace dan De Tjolomadu.

"The Heritage Palace dan De Tjolomadu merupakan destinasi baru sehingga bisa menjadi referensi obyek wisata pilihan untuk wisatawan dari Jatim di Solo Raya," terang dia.

Baca juga: Jateng On The Spot, Cara Pemerintah Promosikan Potensi Wisata di Solo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com