Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua RT/RW se-Tasikmalaya Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf

Kompas.com - 20/02/2019, 19:40 WIB
Irwan Nugraha,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Ribuan ketua RT/RW se-Tasikmalaya, menyatakan dukungan kepada pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Dukungan tersebut disampaikan para ketua RT/RW melihat program Jokowi salah satunya Program Keluarga Harapan (PKH) yang dirasakan langsung oleh rakyat kecil.

"Kami bersepakat bahwa Presiden Jokowi programnya telah dirasakan manfaatnya secara langsung oleh warga melalui PKH," jelas perwakilan RT/RW Kota Tasikmalaya, Mamun, Rabu (20/2/2019).

Sesuai data Asosiasi RW/RT (AWRT) Kota Tasikmalaya, yang telah sepakat mendukung Jokowi-Ma'ruf sebanyak 3.800 RT/RW dari sepuluh kecamatan yang ada di Kota Tasikmalaya.

Meski tercatat dengan jumlah itu, dukungan nyata untuk Jokowi-Ma'ruf diklaim bisa lebih dari 10.000 orang.

Baca juga: Diusung PKS dan PAN, Gubernur Riau Syamsuar Dukung Jokowi

Hal ini disebabkan setiap ketua RT/RW memiliki anggota yang sama paling sedikit di setiap sekretaris dan bendaharanya yang bisa mencapai angka puluhan ribu.

"Kemarin, yang sudah tercatat itu sebanyak 3.800 RT/RW yang menyatakan dukungan. Sekarang paling sedikit membawa tiap sekretaris dan bendaharanya sudah berapa," ungkap Mamun.

Pembina AWRT Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan, program Jokowi begitu terasa oleh masyarakat. Seperti, pembangunan Bandara di Kota Tasikmalaya yang telah diresmikan 

"Baru di masa kepemimpinan Pak Jokowi, Bandara Kota Tasikmalaya akhirnya bisa dibangun. Sekarang sudah beroperasi dan malah pembangunan terminal penumpangnya sudah beres. Kalau tidak berubah jadwal lagi, nanti akan diresmikan lagi terminalnya oleh Pak Jokowi," ungkap Budi.

Baca juga: Gubernur Bali I Wayan Koster Kampanye Dukung Jokowi di Acara Polda Bali

Rencana pembangunan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) tahun ini dinilai juga akan sangat dirasakan manfaat oleh warga Tasikmalaya.

Apalagi, kata Budi dengan adanya tol itu kemacetan di wilayah jalur arteri penghubung Tasik-Bandung-Jakarta akan teratasi. Ekonomi masyarakat akan semakin meningkat dengan adanya tol tersebut.

"Nah, sekarang ada lagi program Pak Jokowi yang akan segera bangun Tol Cigatas tahun ini. Tol ini akan beda sekali manfaatnya untuk warga Tasik. Macet setiap akhir pekan dan hari libur di Gentong, nantinya akan bebas hambatan melalui tol itu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com