Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Navigasi Bandara Baru Kulon Progo akan Dilayani "Mobile Tower"

Kompas.com - 17/02/2019, 08:04 WIB
Dani Julius Zebua,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com - Lalu lintas udara di Bandara udara New Yogyakarta International Airport (NYIA) rencananya akan dilayani mobile tower dalam pada April 2019 mendatang.

Pasalnya, tower navigasi atau biasa disebut tower Air Traffic Controller (ATC) bandara diperkirakan belum selesai sepenuhnya di awal NYIA beroperasi.

"Saat ini untuk bangunan tower masih proses pembangunan, jadi untuk pengoperasian penerbangan International nantinya memakai satu mobile tower, AirNav yang menyediakan dan diletakkan di sisi Barat apron," kata Hendro Susanto, Non Terminal Manager NYIA dari AP I, ketika ditemui di prouek pembangunan NYIA, Sabtu (16/2).

Bandara Mutiara SIS Al Jufri Palu pernah memanfaatkan mobil tower seperti ini pada Oktober 2018 silam. Gempa yang mengguncang Palu dan sekitarnya turut merobohkan tower ATC bandara. Kehadiran mobile tower memulihkan sementara lalu lintas udara di Palu, ketika itu.

Baca juga: Jelang Operasional, Landasan Pacu Bandara Kulon Progo Mulai Diaspal

Rencana pemanfaatan mobile tower dilakukan pada Maret mendatang. "Sambil menunggu bangunan tower ATC bisa digunakan," kata Hendro.

Pembangunan NYIA terus menunjukkan pertumbuhan infrastruktur dan bangunan di dalamnya. Secara keseluruhan proyek NYIA sudah memasuki 35 persen pembangunan fisik.

Progres pembangunan terminal salah satu yang paling kelihatan. Terminal sudah berdiri 2 lantai dan dindingnya sudah terpasang kaca.Terminal juga sudah dipasang ubin, platform, hingga instalasi listrik. Masjid tampak sudah selesai lebih dulu.

Landasan pacu sudah memasuki tahap pengaspalan di beberapa titik. Apron hingga paralel taxiway sudah memasuki tahap betonisasi. Semua digarap sekitar 4.500 pekerja.

Baca juga: Bandara NYIA Kulon Progo Buka Peluang Rute Penerbangan Asia dan Timur Tengah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com