Jelang Operasional, Landasan Pacu Bandara Kulon Progo Mulai Diaspal

Kompas.com - 16/02/2019, 21:11 WIB
Terminal penumpang bandara NYIA, Kulon Progo, DIY,  mulai dipasang kaca.  PT Angkasa Pura I (Persero) kian optimis bandara ini bisa beroperasi pada April 2019 mendatang. KOMPAS.com/ DANI JTerminal penumpang bandara NYIA, Kulon Progo, DIY, mulai dipasang kaca. PT Angkasa Pura I (Persero) kian optimis bandara ini bisa beroperasi pada April 2019 mendatang.

KULON PROGO, KOMPAS.com - Proyek pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport ( NYIA) terus berlangsung.

Infrastruktur dan bangunan gedung terus tumbuh di dalam kawasan bandara baru di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Salah satu perkembangan bandara terlihat pada pembangunan landasan pacu atau runway pesawat terbang.

Pengaspalan tahap awal sudah berlangsung di beberapa titik pada runway sepanjang 3.250 meter itu.


Baca juga: Jokowi Diminta Perhatikan Permasalahan Pembangunan Bandara Kulon Progo

"Aspal runway baru di STA-1900. Baru spot per spot saja. Saat ini sedang penyiapan fondasi (untuk) atasnya atau lapisan di bawah aspal. Setidaknya, pelaksanaan aspal berlangsung terus menerus di minggu depan," kata Non Terminal Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Hendro Susanto di lokasi proyek NYIA, Sabtu (16/2/2019).

Bandara NYIA merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diamanatkan pemerintah kepada AP I.

Pengerjaan NYIA dinilai mendesak karena Bandara Adisutjipto sudah melebihi kapasitas.

Bandara NYIA pun dikebut agar bisa melayani penumpang pada April 2019 mendatang.

Pembangunan diutamakan pada penyelesaian sisi udara (airside), baik runway, rapid taxiway 1, holding bay 1, paralel taxiway, exit taxiway, dan apron.

Sedangkan di sisi darat berupa gedung penunjang, seperti gedung PKP-PK, kargo dan EMPU, masjid, Main Power House (MPH), dan gedung administrasi.

Walau beroperasi mulai April nanti, pembangunan NYIA diperhitungkan selesai sepenuhnya pada Desember 2019 mendatang, lebih cepat dari jadwal di 2020.

Baca juga: Komnas HAM Siap Gelar Mediasi Warga yang Tolak Pembangunan Bandara Kulon Progo

Saat itu, NYIA bakal punya terminal seluas 210.000 meter persegi yang mampu menampung 14 juta penumpang per tahun. Jumlah ini sembilan kali lipat dari kapasitas Bandara Adisutjipto saat ini. 

"Progres proyek keseluruhan 37 persen (saat ini)," kata Senior Corporate Communication Manager AP I Awaluddin.

Pembangunan NYIA masih akan terus berkembang dua tahap lagi sampai di atas tahun 2037, seiring dengan pertambahan jumlah penumpang dari tahun ke tahun.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X