Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Tol Palembang-Tanjung Api-Api Diperkirakan Telan Dana Rp 10 Triliun

Kompas.com - 11/02/2019, 11:20 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pihak PT Hutama Karya (HK) memperkirakan besaran dana sebesar Rp 10 Triliun bakal dihabiskan dalam pembangunan tol Palembang-Tanjung Api Api (TAA) yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sumatera Selatan.

Manajer Proyek PT Hutama Karya Hasan Turcahyo mengatakan, dalam pengerjaan pembangunan tol tersebut akan dibagi menjadi tiga seksi. 

Pada seksi pertama ruas Musi Landas - Gasing sepanjang 13,029 kilometer. Seksi II ruas Gasing Telang sepanjang 20,299 kilometer dan Seksi III ruas Telang - Tanjung Api-Api sepanjang 36,466 kilometer dengan total panjang jalan yakni 69,8 kilometer.

"Target penyelesaian selama tiga tahun dengan dana lebih kurang Rp 9 sampai 10 triliun. Sekarang kita sedang menunggu penetapan lokasi pembebasan lahan dari Kementerian PU," kata Hasan, Senin (11/2/2019).

Baca juga: Menhub Targetkan Tol Palembang-Lampung Digunakan April 2019, Waskita Keluhkan Hujan 

Hasan menjelaskan, semula pembangunan tol Palembang-TAA direncanakan memiliki panjang 90 kilometer.

Akan tetapi, panjang lintasan itu kembali dilakukan penyesuaian hingga akhirnya diputuskan yakni 69,8 kilometer dengan lebar ruang milik jalan (Rumija) sebesar 60 meter.

"Selain menghubungkan Palembang-TAA, tol tersebut juga terhubung ke tol Palembang-Jambi. Kami harap juga pembebasan lahan nantinya tidak akan panjang, sehingga pengerjaan akan bisa cepat selesai," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com