Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi Magnitudo 5,3 Guncang Kepulauan Mentawai

Kompas.com - 02/02/2019, 16:58 WIB
Khairina

Penulis

KEPULAUAN MENTAWAI, KOMPAS.com-Gempa bumi dengan magnitudo 5,3 mengguncang Kepulauan Mentawai Sumatera Barat. Gempa terjadi pada Sabtu (2/1/2019) pada pukul 16.03. WIB.

Menurut Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia (InaTEWS) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terletak di 2.89 LS-99.95 BT dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Ini Penyebab Gempa Bumi Sukabumi Menurut BMKG

Lokasi gempa bumi yakni 106 kilometer tenggara Kepulauan Mentawai Sumatera Barat (Sumbar), 167 kilometer barat daya Mukomuko Bengkulu, 184 kilometer barat daya Pesisir Selatan Sumbar, 227 kilometer barat daya Padang Sumbar, dan 846 kilometer barat laut Jakarta.

Gempa dirasakan di Padang II Modified Mercally Intensity (MMI), Painan II MMI, dan Kepulauan Mentawai II-III MMI.

Kompas TV Hasil mitigasi bencana yang dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM, Pulau Jawa terbilang rawan bencana gempa bumi karena secara geologi merupakan pertemuan sesar atau patahan Indo-Australia dan Eurasia. Lalu bisakah dampaknya kita minimalisir? Kita bahas dalam Sapa Indonesia berikut ini.<br />
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com