Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zikir dan Doa Bersama Sambut Pergantian Tahun 2019 di Ambon

Kompas.com - 01/01/2019, 08:15 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Khairina

Tim Redaksi


AMBON,KOMPAS.com-Berbagai cara dilakukan warga untuk menyambut malam pergantian tahun di Kota Ambon. Seperti warga di kawasan Soabali, Kecamatan Nusaniwe Ambon yang menggelar doa dan zikir bersama, Senin (31/12/2018) malam.

Dalam kegiatan tersebut, ratusan warga khusyuk memanjatkan doa dan berzikir kepada Tuhan agar dijauhkan dari berbagai musibah. Selain itu, mereka juga ikut mendoakan para korban bencana tsunami di Banten dan Lampung.

Sejumlah ustaz yang hadir dalam acara itu kemudian menyampaikan ceramah secara bergantian dan didengarkan secara seksama oleh warga.

“Untuk apa ikut-ikutan berhura-hura sementara saudara-saudara kita yang lain sedang tertimpa musibah,” kata Ikbal, salah satu warga, saat ditemui di lokasi kegiatan.

Baca juga: Rayakan Tahun Baru 2019, Warga Kupang Gelar Pesta di Pinggir Jalan

Menurutnya, kegiatan zikir dan doa bersama sangatlah positif bagi masyarakat. Apalagi, saat ini terjadi bencana di mana-mana. Semestinya, kata dia, cara menyambut tahun baru juga harus lebih bermanfaat dan tidak lagi bersifat hura-hura.

“Ya kita jadikan momen refleksi, kalau refleksi itu bukan hura-hura tapi dengan cara yang positif yang bermanfaat,”ujarnya.

Selain di kawasan Soabali, kegiatan yang sama juga dilakukan di masjid-masjid yang ada di Kota Ambon seperti di kawasan Air Mata Cina, Waihaong dan sejumlah kawasan lainnya.

Di sejumlah gereja di Kota Ambon, umat Kristiani juga menggelar ibadah dan doa bersama dalam rangka menyambut malam pergantian tahun.

Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa sebelumnya mengimbau kepada warga di Kota Ambon agar tidak merayakan tahun baru dengan hura-hura dan berlebihan seperti balap liar, pesta miras dan sebagainya.

Dia mengajak warga agar sebaiknya berdoa di rumah masing-masing, di masjid dan gereja untuk menyambut malam pergantian tahun.

“Sebaiknya berdoa di masjid dan gereja saja, tidak perlu secara berlebihan tidak perlu balap liar, tidak perlu pesta miras,” katanya. 

Kompas TV Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menggelar doa bersama untuk Indonesia yang aman dan damai di kator PBNU di Jalan Kramat Raya, Jakarta. Acara digelar pada malam pergantian tahun 2018 – 2019. Selain harapan agar Indonesia aman dan damai istigasah dilakukan dengan doa bersama untuk korban tsunami di Selat Sunda. Apa saja pesan yang ingin disampaikan PBNU dalam Istigasah untuk Indonesia aman dan damai di malam tahun baru, KompasTV akan membahas bersama ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com