Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Hang Nadim Kini Tak Cukup Tampung Penumpang

Kompas.com - 29/12/2018, 13:54 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Daya tampung Bandara Internasional Hang Nadim di Batam, Kepuluan Riau (Kepri), saat ini sudah tidak mencukupi untuk jumlah penumpang yang terus bertambah.

Hal ini diketahui dari hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan oleh tim arus pemantau perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 yang dipimpin oleh Direktur BP3IP Kemenhub Weku Fredrik Karuntu, Sabtu (29/12/2018).

Weku menjelaskan, sidak ini merupakan upaya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para penumpang di 35 bandara terpadat di Indonesia pada momen perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

Dari 35 bandara yang disidak, salah satunya adalah bandara Hang Nadim di Batam.

"Namun hasil pemantauan di Hang Nadim semua terlihat aman dan lancar. Sama sekali tidak ditemukan kendala yang berarti," katanya.
Baca juga: Buron Penyelundup 1 Ton Sabu Tertangkap di Bandara Hang Nadim Batam

Hanya saja untuk kapasitas ruang tunggu penumpang sudah saatnya ditambah.

Sementara itu, berdasarkan pengakuan pihak pengelola bandara Hang Nadim, ruang tunggu yang ada saat ini hanya bisa menampung 5 juta penumpang per tahun.

Jumlah penumpang yang ada saat sudah jauh melebihi kapasitas Bandara Hang Nadim.

"Daya tampung hanya 5 juta, sementara di 2017 penumpang sudah mencapai 6,3 juta. Bahkan 2018 ini diperkirakan 6,5 juta per tahun," jelasnya.

Senada ditambahkan Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Suwarso membenarkan perlu adanya penambahan ruang tunggu di Hang Nadim.

"Sebenarnya sejak 2016 sudah mulai terasa kurangnya kapasitas ruang tunggu, namun masih bisa kami antisipasi dengan renovasi beberapa ruangan," katanya.

"Namun belakanga ini hal itu sudah tidak bisa lagi karena jumlah penumpang sudah mencapai 6,3 juta per tahun di 2017 kemarin," kata Suwarso menambahkan.

Bahkan ia memperkirakan pada 2018 diperkirakan jumlah penumpang bisa di atas 6,5 juta.

"Untuk fasilitas yang lain semua masih aman. Bahkan Hang Nadim memiliki landasan pacu terbaik dibandingkan dengan sejumlah bandara yang ada di Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Cuaca Buruk, 2 Pesawat Tujuan Batam Tertunda Mendarat di Hang Nadim

Labih jauh Suwarso mengatakan, selain BP3IP Kemenhub, sebelumnya Bandara Hang Nadim juga sempat ditinjau Otban (Otoritas Bandara) wilayah II Medan.

"Dalam waktu dekat ini, kalau tidak ada halangan juga akan ada peninjauan dari Direktorat Keselamatan Penerbangan Pusat," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com