Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal-Tahun Baru, Polda Jatim Terjunkan 19.000 Personil Gabungan

Kompas.com - 25/12/2018, 15:27 WIB
Andi Hartik,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 19.000 personil gabungan diterjunkan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 di seluruh wilayah Jawa Timur. Hal itu untuk memastikan Jawa Timur tetap kondusif sampai memasuki Tahun 2019.

"Total personil seluruh Jatim hampir 19.000 bersama TNI dan masyarakat, tokoh-tokoh yang ada," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan saat mengunjungi pos pengamanan di depan Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Kayu Tangan, Kota Malang, Selasa (25/12/2018).

Luki menyampaikan, pihaknya sudah siap menghadapi perayaan akhir tahun tersebut. Seluruh pos pengamanan di Jawa Timur sudah ditinjau untuk memastikan kesiapannya.

Baca juga: Sebanyak 24 Ribu Personil Polisi Amankan Natal dan Tahun Baru di Jawa Barat

"Saya berharap di pam tahun baru nanti tetap untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengajak masyarakat sekitar untuk turut serta ikut mengamankan," katanya.

Luki juga sudah mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk mengantisipasi kemacetan dan meningkatkan pengamanan di pusat keramaian.

"Kemacetan yang jelas pasti ada di masing-masing kota, pusat keramaian, kita tetap akan antisipasi secara baik. Megingatkan masyarakat untuk tetap menaati aturan-aturan yang berlaku," jelasnya.

Baca juga: Libur Natal-Tahun Baru, Satpol PP Siagakan 1.850 Personil

Perwira tinggi Polri itu meminta masyarakat untuk terlibat dalam melakukan pengamanan. Terutama saat menjelang pergantian tahun. Saat banyak orang berebut menikmati kembang api.

"Saya berharap masyarakat ikut turut serta dalam mengamankan tutup tahun nanti. Sehingga sama - sama antara masyarakat, TNI, Polri bahu membahu turut serta menciptakan keamanan," ungkapnya.

Sementara itu, untuk perayaan Natal, Luki memastikan berjalan tanpa gangguan keamanan. Ia berharap pelaksanaan tahun juga tidak ada ancaman keamanan.

"Alhamdulillah tidak ada, mudah-mudahan sampai di penghujung tahun di wilayah Jatim betul-betul kondusif," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com