Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Luncurkan Program Desa Juara One Village One Company di Garut

Kompas.com - 20/12/2018, 16:09 WIB
Ari Maulana Karang,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan salah satu program terobosannya, Desa Juara One Village One Company, di Desa Wisata Ciburial, Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Kamis (20/12/2018).

Ridwan Kamil dalam sambutannya mengatakan, Kamis ini adalah hari bersejarah karena merupakan titik episentrum ketika kesejahteraan Indonesia dibangun dari desa-desa. Namun, semua ini tidak bisa dikerjakan sendiri, harus ada sinergi semua pihak.

"Ini yang disebut teori pentahelix, ada pemerintah, swasta, perguruan tinggi, media dan masyarakat. Teori ini akan kita terus gunakan membangun Jawa Barat," kata Ridwan Kamil.

Program Desa Juara One Village One Company sendiri, menurut Ridwan Kamil, nantinya bisa mengurangi ketimpangan ekonomi desa dan kota yang selama ini menjadi masalah di Jawa Barat.

Dia menjelaskan, pembeda gagasan baru dengan yang lama adalah masalah pemasaran. Menurutnya, program lama dalam waktu dua tahun banyak yang mati karena kesulitan pasar.

Baca juga: Cara Ridwan Kamil Kikis Ketimpangan Daerah di Jawa Barat...

Sementara untuk program yang digagasnya, Ridwan Kamil akan membuat pola baru pemasaran. Pemprov Jabar akan mencari pasar. Jika pasar sudah ada, Pemprov Jabar akan mencari desa yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar yang telah dibuka.

Ridwan Kamil juga melihat, keberadaan perguruan tinggi juga sangat diperlukan dalam program ini untuk meningkatkan sumber daya manusia di desa dan menerapkan teknologi-teknologi yang menjadi temuan perguruan tinggi di masyarakat.

"Kita tantang nanti alumni-alumni perguruan tinggi untuk mau tinggal di desa, membuat buisness plant dan pengembangan desa, dua tahun tinggal di desa," katanya.

Baca juga: Lantik Dua Kepala Daerah, Ridwan Kamil Tekankan Reformasi Integritas

Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan dalam sambutannya menyambut baik program Desa Juara One Village One Company yang digagas gubernur Jawa Barat. Dia berharap, 400 lebih desa di Garut bisa sejahtera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com