Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cirebon Akan Segera Punya Desa Wisata Gerabah

Kompas.com - 19/11/2018, 09:34 WIB
Windoro Adi,
Heru Margianto

Tim Redaksi


 
CIREBON, KOMPAS.com - Cirebon akan segera memiliki desa wisata gerabah. Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, rencananya akan diresmikan sebagai desa wisata gerabah pada Kamis (22/11/2018) pekan ini.
 
"Direncanakan akan mulai melakukan produksi masal gerabah tanggal 22 November mendatang. Di rumah gerabah ini dulu pernah bekerja 1000 pengrajin. Tetapi tahun 2016 tinggal 30 pengrajin," ungkap Sultan Keraton Kasepuhan, Cirebon, PRA Arief Natadiningrat, Senin (19/11/2018) di Cirebon.
 
Melihat kemerosotan produksi dan tenaga pengrajin ini, Arief berinisiatif menjalin kerjasama dengan Kepala Desa Sitiwinangun.
 
"Alhamdulillah, Sekarang sudah ada 70 pengrajin dengan produksi yang meningkat 100 persen," tutur Arief.
 
Selain lewat permodalan, Keraton Kasepuhan akan mengembangkan usaha ini dari segi pembinaan, dan promosi, meliputi pengembangan disain, kepariwisataan, promosi dan publikasi ke seluruh pemangku kepentingan terutama ke kalangan pengelola hotel dan restoran.
 
"Kami juga akan memerkenalkan dan melibatkan lingkungan sekolah mengenal, trampil, dan terlibat dalam pengembangan kerajinan gerabah ini," ujar Arief.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com