Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4.384 Rumah Warga di Indragiri Hulu, Riau, Dilanda Banjir

Kompas.com - 07/11/2018, 14:32 WIB
Idon Tanjung,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Akibat hujan terus menerus sejak beberapa hari belakangan ini, sejumlah wilayah di Provinsi Riau dilanda banjir.

Selain di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), banjir menerjang Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan merendam ribuan rumah sejak beberapa hari terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger mengatakan, banjir di Kabupaten Inhu terjadi di 11 kecamatan yang di dalamnya terdapat 44 desa.

"Ada sekitar 4.384 rumah warga yang digenangi air. Saat ini belum ada warga yang mengungsi, karena sebagian besar rumah warga yang berada di bantara Sungai Indragiri berbentuk panggung," ucap Edwar kepada wartawan, Rabu (7/11/2018).

Dia menyebutkan, banjir melanda Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Peranap, Rakit Kulim, Batang Peranap, Kelayang, Sei Lala, Pasir Penyu, Rengat, Kuala Cinako, Rengat Barat dan Kecamatan Lirik.

Baca juga: Lima Orang Tewas pada Bencana Banjir di Tasikmalaya, Ini Kronologisnya

Selain rumah warga, satu sekolah menengah pertama (SMP) turut terendam. Namun, aktivitas belajar mengajar masih berjalan normal.

"Ketinggian air mencapai 65 centimeter hingga satu meter. Banjir diakibatkan luapan air Sungai Indragiri," sebut Edwar.

Lebih lanjut, dia menyampaikan, pihaknya saat ini sudah mendirikan tenda pengungsian untuk korban banjir.

"BPBD Inhu sudah menyiagakan beberapa peralatan pengungsian berupa tenda. Tapi saat ini belum ada warga yang mengungsi," ujar Edwar.

Baca juga: Korban Tewas akibat Banjir di Tasikmalaya Bertambah Jadi 4 Orang

Selain rumah, tambah dia, juga ada sekolah dan jalan tergenang banjir. Saat ini tim terus memantau kondisi luapan air Sungai Indragiri.

"Kita imbau masyarakat terus waspada, karena curah hujan masih tetap tinggi. Tim kita terus stand by di lokasi apabila dibutuhkan untuk membantu warga," tutup Edwar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com