Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Kargo Pengangkut Kelapa Tenggelam di Perairan Pulau Takong Kepri

Kompas.com - 29/10/2018, 19:36 WIB
Hadi Maulana,
Khairina

Tim Redaksi


TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Kapal kargo bermuatan kelapa dikabarkan tenggelam saat berlayar dari Tanjung Samak, Kabupaten Meranti, Riau menuju Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (29/10/2018).

Kepala Badan Nasional Pertolongan dan Pencarian (BNPP) Kelas I Tanjungpinang Budi Cahyadi yang dihubungi, membenarkan informasi kecelakaan tersebut.

Bahkan, tim BNPP bersama Ditpolairud Polda Kepri dan Satpolairud Polres Karimun melakukan penyelamatan sejumlah anak buah kapal (ABK) yang informasinya masih bertahan di sekitar kapal yang tenggelam.

"Kami menerjunkan KN Bhisma dalam operasi penyelamatan kecelakaan pelayaran di Perairan Pulau Takong perbatasan antara Kabupaten Tanjungbalai Karimun dengan Kota Batam," kata Budi.

Baca juga: Terpeleset dari Jembatan, Pelajar SD Tewas Tenggelam di Sungai

Dari musibah ini, tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan, hanya saja pemilik kapal dan barang mengalami kerugian yang cukup besar.

"Dari hasil penyelamatan, diketahui jumlah ABKnya ada 4 orang. Dua sudah berhasil diselamatkan feri Batamjet, sedangkan 2 ABK lagi dievakuasi menggunakan KN Bhisma," jelas Budi.

Saat kejadian, cuaca memang sedikit tidak bersahabat namun belum bisa dipastikan apa penyebab utamanya hingga kapal bermuatan kelapa ini tenggelam di perairan perbatasan antara Karimun dan Batam.

"Kami tidak bosan-bosan meminta agar para pengguna jasa laut maupun masyarakat yang aktivitasnya di laut untuk selalu waspada. Mengingat saat ini cuaca di laut cukup tidak beraahabat," ungkapnya.

Kompas TV Kapal Layar Motor Wahyu Ilahi 02, yang dikabarkan hilang kontak, Jumat (31/8) kemarin, dipastikan terbakar di Perairan Bima, Nusa Tenggara Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com