Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Rusia, Ridwan Kamil Singgung "One Village One Company" dan "Happiness Program" untuk Jawa Barat

Kompas.com - 20/10/2018, 07:29 WIB
Dendi Ramdhani,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didapuk menjadi pembicara dalam Fourth Forum on Small Business of the SCO and BRICS Regions di Ufa-Bashkortostan Rusia, Kamis (18/10/2018).

Dalam pidatonya, pria yang akrab disapa Emil itu memaparkan soal ekonomi inklusif di Jabar yang berfokus pada ekonomi usaha kecil dan menengah (UKM) serta ekonomi perdesaan berbasis revolusi digital.

"Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memfokuskan beberapa pengembangan 'one village one company' yang mengajak fresh graduate untuk menjadi CEO dalam program tersebut, mengedukasi UKM, petani, nelayan dan masyarakat desa di Jawa Barat melalui digital ekonomi untuk menjual produk mereka secara online untuk memangkas rantai distribusi yang terlalu panjang," ujar Emil di hadapan sekitar 4.000 peserta seperti dikutip dari rilis resmi.

Baca juga: Ke Rusia, Ridwan Kamil Tawarkan Peluang Bisnis Bagi Investor

Dia pun turut menyinggung soal indeks kebahagiaan yang ingin dicapainya melalui pemerataan fasilitas publik di seluruh kabupaten kota di Jawa Barat.

"Saya ingin menyampaikan bahwa inclusive economy dan Happiness Program merupakan faktor utama yang akan kami dorong di Jawa Barat. Karena saya percaya di masa yang akan datang pembangunan tidak hanya dalam bidang ekonomi tetapi juga harus menyentuh kebahagiaan masyarakatnya," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Kamar Dagang dan Industri Bashkortostan yang merangkap sebagai moderator, Azat Fazlyev, menyampaikan apresiasinya pada Jawa Barat karena program-programnya tidak hanya menyentuh bisnis tingkat menengah atas, tetapi juga memberikan ruang bagi masyarakat untuk memulai usahanya dengan cara yang mudah.

"Program-program yang diterapkan di Jawa Barat sangat humanitarian, hal ini menggambarkan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan ruang dan motivasi yang memadai bagi calon pengusaha yang kebanyakan tidak mengetahui bagaimana cara mereka untuk memulai usaha dengan kemampuan yang mereka miliki," tutur Fazlevy.

Baca juga: Ridwan Kamil Akan Desain Pantai Pangandaran Mirip Hawaii

BRICS merupakan forum kerjasama antara negara Brazil, Rusia, India, China, dan South Africa, yang dikolaborasikan dengan Forum Shanghai Cooperation Organization (SCO).

Indonesia sendiri belum tergabung di forum tersebut. Namun, Jawa Barat diundang khusus oleh Republik Bashkortostan selaku tuan rumah dalam rangka pengembangan kerjasama sister province.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com