Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade Seni Budaya Perbatasan di Kulon Progo, Upaya Memperkuat Identitas Daerah

Kompas.com - 18/10/2018, 13:53 WIB
Dani Julius Zebua,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar pertunjukan seni dan budaya yang berkembang di perbatasan berbagai daerah di Indonesia.

Pertunjukan yang dinamai "Pentas Seni Perbatasan" itu berlangsung 3 hari diikuti banyak daerah, seperti dari daerah Banyuwangi, Magelang, Banyumas, bahkan Sleman, dan lainnya.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Joko Mursito mengatakan, pemerintah terus memperkuat kesenian dan budaya yang berada di perbatasan Kulon Progo sebagai upaya mengokohkan identitas masyarakat setempat.

Identitas penting sebagai pembeda dari daerah tetangga, membangkitkan kebanggaan dan cinta warga pada daerahnya.

Pada akhirnya, menurut Joko, semua menjadi modal pembangunan bagi daerah perbatasan Kulon Progo melalui seni dan budaya.

"Membangkitkan rasa bangga bagi warga di daerah dan ini modal pembangunan," kata Joko, Kamis (18/10/2018).

Baca juga: Ketika Reog Ponorogo Jadi Pusat Perhatian Penonton Menoreh Art Festival 2018

Bukit Menoreh merupakan wilayah Kulon Progo yang berbatasan langsung dengan 2 daerah tetangga, yakni Magelang dan Purworejo.

Di sisi lain, Kulon Progo berbatasan dengan kabupaten lain di DIY. Seni budaya daerah perbatasan berkembang serupa tapi tak sama di sana.

Ia mencontohkan, tari Topeng Ireng asal Magelang juga berkembang di desa-desa di Samigaluh, Kulon Progo. Kemudian ada Langgar Tapeng yang berkembang di daerah Girimulyo, dekat Purworejo, Jawa Tengah.

Salah satu yang mencolok adalah Tari Angguk khas Kulon Progo berkembang seiring Dolalak di Purworejo.

"Budaya di tiap daerah tidak boleh luntur, karenanya perlu penguatan, budaya ini sangat berpengaruh memperkuat daerah," katanya.

Festival Menoreh

Kulon Progo tengah menggelar Menoreh Art Festival 2018 yang berlangsung maraton selama 20 hari, dari 7 hingga 27 Oktober 2018. Parade Seni Perbatasan adalah salah satu rangkaian dari MAF yang merupakan perhelatan menyambut HUT ke-67 Kulon Progo.

Ratusan seniman dari berbagai daerah turun ke pertunjukan seni perbatasan itu. Beberapa daerah memeriahkan pertunjukan seni perbatasan ini, seperti Bantul, Gunungkidul, dan Sleman. Kemudian ada dari Jember, Magelang, Banyuwangi, Banyumas, Purworejo. Ada pula dari Wonogiri, Gianyar, dan Ponorogo. Pertunjukan seni perbatasan berlangsung dari Rabu hingga Jumat (17-19/10/2018).

Aksi para seniman itu menunjukkan identitas kuat setiap daerah, meski sedikit banyak memiliki kemiripan dengan daerah sekitarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com