Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PVMBG Sebut Gunung Soputan Berada di Level III Siaga

Kompas.com - 05/10/2018, 07:36 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, Kasbani menyebut bahwa saat ini Gunung Soputan berada pada status level III (Siaga). 

"Gunung Soputan berada pada status level IIII (siaga)," kata Kasbani dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (4/10/2018). 

Dijelaskan, Gunung Soputan di Sulawesi Utara meletus pada Kamis (4/10/2018) pukul 06.36 Wita dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.500 meter di atas puncak. Sesekali terdengar suara gemuruh lemah sedang pada gunung tersebut.

"Kolom abu teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat daya dan barat," jelasnya. 

Untuk itu, PVMBG merekomendasikan agar masyarakat tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan dan di dalam area perluasan sektoral ke arah barat-barat daya sejauh 6,5 kilometer dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas. 

Baca juga: Gunung Soputan Berulang Kali Erupsi, Suara Gemuruh Masih Terdengar

Masyarakat di sekitar gunung Soputan pun dianjurkan menyiapkan masker penutup hidung dan mulut guna mengantisipasi potensi gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.

"Masyarakat agar waspadai potensi ancaman aliran lahar yang dapat terjadi setelah terjadinya erupsi, yaitu di mana material erupsi terbawa oleh air, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng gunung seperti di antaranya Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang, dan Londola Kelewahu," jelasnya.

Baca juga: Gunung Soputan Meletus, Terpantau Luncuran Lava Sepanjang 2,5 Km

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com