Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lamongan Kirim 34 Truk Bantuan untuk Korban Gempa di Sulteng

Kompas.com - 02/10/2018, 18:52 WIB
Hamzah Arfah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com – Sebagai bentuk rasa empati dan kepedulian kepada warga di Palu, Sigi, serta Donggala di Sulawesi Tengah yang tertimpa musibah gempa bumi dan tsunami, masyarakat di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, ikut memberikan sumbangan.

Total ada sebanyak 34 truk yang memuat bantuan berupa paket sembako, makanan ringan, mi instan, air mineral, hingga perlengkapan bayi dan perempuan.

Bantuan dari warga ini dilepas secara simbolis oleh Bupati Lamongan Fadeli di depan Pendopo Lokatantra, Selasa (2/10/2018) sore.

“Duka mendalam kami untuk saudara-saudara yang sedang tertimpa musibah. Ini adalah bantuan sukarela dari seluruh masyarakat Lamongan,” ujar Fadeli.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut murni berasal dari masyarakat Lamongan untuk warga yang ada di Sulawesi Tengah. Seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah hingga level terbawah terlibat dalam koordinasi bantuan selama satu hari itu.

“Bantuan ini kami salurkan melalui Koarmatim agar bisa tepat sasaran. Besok rencananya masih ada gelombang kedua yang akan kami kirimkan lagi,” ucap dia.

Baca juga: Jalur Darat Rawan, Bantuan untuk Sulteng Dikirim Lewat Udara dan Laut

Fadeli menjelaskan, awalnya pengiriman bantuan ini bakal dilakukan pada Rabu (3/10/2018) besok. Namun karena pada Selasa sore ada jadwal kapal dari Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) yang berangkat memberikan bantuan ke Sulawesi Tengah, maka sebagian bantuan yang sudah terkumpul turut diberangkatkan.

Dalam kesempatan ini, bantuan yang disalurkan meliputi 11.495 dus mi instan, 4.844 dus air mineral, 15,89 ton beras, 2.000 paket sembako, sejumlah besar perlengkapan bayi, perlengkapan perempuan, serta makanan kaleng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com