Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta di Balik Deklarasi Dukungan 10 Kepala Daerah, 6 yang Hadir hingga Harapan ke Jokowi

Kompas.com - 20/09/2018, 19:30 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - 10 kepala daerah di Sumatera Barat menyatakan dukungannya kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf pada hari Selasa (18/9/2018).

10 kepala daerah tersebut sepakat bahwa hingga saat ini Presiden Jokowi telah membawa kemajuan di wilayah Sumatera Barat.

Dari 10 kepala daerah tersebut, empat diantaranya berhalangan hadir saat acara deklarasi.

Berikut fakta yang terungkap dalam acara deklarasi di Hotel Ina Muara padang, Selasa (18/9/2018).

1. Perhatian Jokowi terhadap wilayah Sumatera Barat dinilai besar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Susun (Rusun), Masjid Hj. Yuliana, Gedung Sekolah SMP 2 dan SMA 2 di kawasan Pesantren Modern Terpadu Prof. Hamka, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (21/5/2018).Dok. Humas Ditjen Penyediaan Perumahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Susun (Rusun), Masjid Hj. Yuliana, Gedung Sekolah SMP 2 dan SMA 2 di kawasan Pesantren Modern Terpadu Prof. Hamka, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (21/5/2018).

10 kepala daerah telah mendeklarasikan dukungan kepad pasangan Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 nanti. Mereka adalah Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Wali Kota Solok Zul Elfian, Bupati Solok Gusmal, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin.

Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Bupati Mentawai Yudas dan Wali Kota Bukittinggi Ramlan.

"Kami Wali Kota dan Bupati memberikan pernyataan dukungan kepada bapak presiden Joko Widodo. Kami kepala daerah merasakan pembangunan untuk Sumatera Barat dan Indonesia umumnya. Kami ingin bapak Presiden Joko Widodo untuk melanjutkanya, " ujar Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Selasa (18/9/2018).

Baca Juga: Gubernur Klaim 9 dari 10 Daerah di Maluku Utara Dukung Jokowi

2. 4 kepala daerah tidak hadir saat deklarasi

Presiden Joko Widodo memberikan kata sambutan saat meresmikan gedung Pondok Pesantren Modern Terpadu (PMT), Buya Hamka, Padang, Sumatera Barat, Senin (21/5/2018). Joko Widodo mengatakan dengan diresmikannya Pondok Pesantren Modern Terpadu ini bukti nyata bahwa cita-cita Buya Hamka telah berhasil menebus waktu dan generasi saat ini.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ARIF PRIBADI Presiden Joko Widodo memberikan kata sambutan saat meresmikan gedung Pondok Pesantren Modern Terpadu (PMT), Buya Hamka, Padang, Sumatera Barat, Senin (21/5/2018). Joko Widodo mengatakan dengan diresmikannya Pondok Pesantren Modern Terpadu ini bukti nyata bahwa cita-cita Buya Hamka telah berhasil menebus waktu dan generasi saat ini.

Acara deklarasi hanya dihadiri oleh 6 kepala daerah. Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Bupati Solok Gusmal, Bupati Mentawai Yudas dan Wali Kota Bukittinggi Ramlan, tidak hadir di acara tersebut. 

Sejumlah kepala daerah menyampaikan alasan mereka mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Salah satunya dari Bupati Pasaman Yusuf Lubis yang mengatakan, Presiden Joko Widodo sangat serius dalam membawa perubahan di wilayahnya.

"Pak Presiden sangat serius untuk pembangunan itu. Dia tidak mau main-main. Beliau juga mengatakan kalau masyarakat tidak boleh sakit, makanya dibuat BPJS," katanya.

Baca Juga: Dukung Jokowi, Gubernur Kaltim Targetkan Minimal 63 Persen Suara

3. Relasi pusat dan daerah menjadi pertimbangan

Rumah-rumah dengan atap berbentuk bagonjong di Kawasan Seribu Rumah Gadang, Muaralabuh, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Jumat (26/1). Di kawasan ini masih banyak ditemui rumah-rumah gadang khas Minangkabau dengan atap berbentuk bagonjong.

Kompas/Iwan Setiyawan (SET)
26-01-2018

Untuk lipsus Hari Pers NasionalIWAN SETIYAWAN Rumah-rumah dengan atap berbentuk bagonjong di Kawasan Seribu Rumah Gadang, Muaralabuh, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Jumat (26/1). Di kawasan ini masih banyak ditemui rumah-rumah gadang khas Minangkabau dengan atap berbentuk bagonjong. Kompas/Iwan Setiyawan (SET) 26-01-2018 Untuk lipsus Hari Pers Nasional

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengatakan alasannya terkait dukungan kepada Jokowi. Menurutnya, dukungan dari pemerintah pusat terhadap pembangunan daerahnya masih sangat diperlukan untuk memajukan daerah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com