Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Partai Hadiri Deklarasi Pemilu 2019 Damai di "Car Free Day" Makassar

Kompas.com - 16/09/2018, 09:55 WIB
Hendra Cipto,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar deklarasi 'Pemilu 2019 yang Aman, Damai, dan Sejuk' di lokasi car free day di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Minggu (16/9/2018) pagi.

Semua partai peserta Pemilu 2019 ikut hadir dalam deklarasi tersebut.

Dalam acara itu, seluruh pimpinan partai sepakat dan berjanji menciptakan Pemilu 2019 yang damai.

Hal itu ditandai dengan penandatangan spanduk dan pembacaaan ikrar di atas panggung yang disaksikan ribuan pengunjung car free day.

Baca juga: PAN: Seharusnya Kepala Daerah Netral di Pilpres 2019

 

Secara simbolik, deklarasi Pemilu 2019 damai ini juga ditandai dengan pelepasan burung merpati dan balon udara oleh Forkopimda.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, Sulsel masuk dalam zona merah. Tetapi, belajar pada Pilkada 2018 kemarin, zona merah bisa berubah menjadi zona hijau.

“Zona merah bisa berubah menjadi zona hijau, kita belajar dari Pilkada 2018 kemarin. Sinergitas TNI dan Polri sudah terbukti saat Pilkada yang lalu, semoga Pilpres 2019 mendatang juga bisa berlangsung dengan aman dan damai,” kata Nurdin.

Baca juga: Din Syamsuddin Jamin MUI Netral di Pilpres 2019

Kapolda Sulsel Irjen Polisi Umar Septono optimistis Pemihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif 2019 mendatang bisa berjalan aman dan lancar.

“Kita harapkan agar Pemilu 2019 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk. Untuk itu mari kita wujudkan bersama. Dulu Sulsel selalu menjadi zona merah pada perhelatan Pilkada, namun kita sudah buktikan pada Pilkada 2018 kemarin yang berlangsung aman. Sehingga, Sulsel menjadi Zona Hijau," tutur dia, dalam kesempatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com