Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Masih Sakit Jelang Pelantikan, Ridwan Kamil Siapkan Kursi Roda

Kompas.com - 04/09/2018, 16:38 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil akan dilantik oleh Presiden di Istana Negara, Rabu (5/9/2019) besok.

Pria yang akrab disapa Emil pun akan menyiapkan kursi roda untuk istrinya, Atalia Praratya, yang baru pemulihan pasca-operasi.

"Istri saya masih sakit, saya cari kursi roda atau apalah untuk membawa. Karena tidak mungkin tidak menghadiri pelantikan paling penting bagi hidup saya, di Istana Negara. Nanti anak-anak saya ikut, ibu saya, mertua saya," ujar Emil di Balai Kota Bandung, Selasa (4/9/2018).

Setelah dipastikan sebagai gubernur, Emil mengatakan posisinya akan digantikan oleh wakilnya, Oded M Danial. Emil pun nantinya akan melantik Oded sebagai wali kota Bandung terpilih.

"Pak Wakil Wali Kota menurut aturan menajdi Wali Kota langsung, nanti di hari terakhir di Pjs pda 16 September," ungkapnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Dilantik Rabu, Jabar Siap Sambut Gubernur Baru

Sebelumnya, Emil semula akan dilantik pada 27 September 2018 mendatang. Namun, beberapa saat lalu ia kembali mendapat informasi bahwa pelantikannya digelar besok di Istana Negara.

"Per tadi pagi kan ada radiogram dari Kemendagri, dalam radiogram tersebut Jabar memang tidak tercantum untuk dilantik besok, makanya saya kasih statmen tadi. Sekitar sejam lalu dapat kabar dari Dirjen Otda setelah koordinasi dengan Istana, ternyata saya masuk ke pelantikan besok jam 10.00 WIB," ucap Emil, sapaan akrabnya.

Emil pun mendadak mengumpulkan para kepala dinas untuk menggelar rapat terakhirnya pada pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Jadi Dilantik Rabu, Ridwan Kamil Gelar Rapat Dadakan

"Hari ini hari terakhir, saya lagi kerja urusan Bandung, saya batalkan agenda untuk persiapan besok ke Jakarta besok sebagai gubernur Jawa Barat. Tentu ini karena dadakan mungkin sedikit perpisahan dengan ASN," ucapnya.

Kompas TV Ridwan Kamil menyampaikan dukungannya kepada calon petahana Joko Widodo sudah final dan tak perlu dipertanyakan lagi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com