Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2018, Permintaan Gaharu Gelondongan ke China Meningkat

Kompas.com - 02/09/2018, 13:04 WIB
Sukoco,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NUNUKAN, KOMPAS.com – Permintaan kayu jenis gaharu dari China meningkat sepanjang 2018. Pembeli dari China menghendaki pembelian kayu gaharu dalam bentuk gelondongan, sebab di negara Tirai Bambu tersebut kayu tersebut akan diolah kembali menjadi ukiran hiasan rumah. 

Martinus Tus, warga Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) merupakan salah satu pengekspor kayu gaharu gelondongan.

Menurut Martinus, permintaan pengiriman kayu gaharu terus meningkat sementara dia hanya bisa mengirimkan satu gelondong kayu gaharu per bulan. Harga satu gelondong kayu gaharu tersebut hingga mencapai ratusan juta rupiah. 

“Ketersediaan barangnya yang tidak ada. Satu bulan sekali kirim itu saja sudah beruntung. Untuk kelasnya (untuk diekspor) dia (kualitas) di atas kayu gaharu yang disuling, agak mahal sedikit,” kata Martinus, Jumat (31/8/2018). 

Baca juga: Cerita Martinus Geluti Bisnis Kayu Gaharu, dari Mitos hingga Feeling

Menurut Martinus yang sudah berjualan kayu gaharu sejak 20 tahun silam ini, para pencari kayu gaharu sudah banyak yang beralih profesi dan enggan mencari kayu sejak pemerintah terus menggelontorkan Dana Desa untuk pembangunan di perdesaan. 

"Mereka memilih bekerja di desa. Sekarang banyak pekerjaan proyek di desa sejak ada Dan Desa," lanjutnya. 

Selain mengirim kayu gaharu ke China, Martinus juga mengirim kayu gaharu dengan kelas yang lebih mahal ke Arab Saudi. Permintaan terbesar dari Arab Saudi untuk kayu gaharu yang akan diolah menjadi aroma terapi dan bahan tasbih. 

Sebagai informasi, hutan Kalimantan merupakan penghasil kayu gaharu (Aquilaria malaccensis) kualitas terbaik dunia. Bahkan spesies terbaik dari kayu gaharu Kalimantan Utara itu harganya mencapai miliaran rupiah per kilogramnya.

Baca juga: Di Pasar Global, Harga Kayu Gaharu Kalimantan Selangit

 

Asosiasi Gaharu Indonesia mencatat ada beberapa jenis kayu gaharu yang ada di Indonesia, yaitu yang tumbuh di Kalimantan dan Papua, di wilayah Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur.

Dari semua spesies besar ini, yang paling bagus dan diminati pasar adalah gaharu yang tumbuh di Kalimantan Utara. Indonesia sendiri merupakan negara pengekspor kayu gaharu terbesar di dunia. Ekspor gaharu terbesar yakni ke Timur Tengah dan China.

Harga kayu gaharu sangat mahal karena tumbuhan ini tidak bisa dipanen berkala. Tidak heran jika langkanya kayu jenis ini membuat harga gaharu sangat tinggi di pasar global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com