Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Hiu 1 Ton Terdampar di Pantai Parangkusumo, Sempat Hidup Selama 1 Jam

Kompas.com - 27/08/2018, 10:10 WIB
Markus Yuwono,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Seekor hiu tutul berukuran panjang 4 meter dengan bobot sekitar 1 ton, di temukan di Pantai Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta. Saat ditemukan hiu masih hidup namun mati satu jam kemudian. Senin (27/8/2018)

Koordinator SAR Bantul Arief Nugroho mengatakan pertama kali ditemukan warga saat beraktivitas di sekitar lokasi sekitar pukuk 04.30 WIB.

"Pagi tadi ada warga yang akan beraktivitas menjaring mengetahui ada hiu terdampar. Warga langsung melaporkan ke petugas SAR di posko, lalu dilakukan pemeriksaan," katanya saat ditemui di lokasi, Senin. 

Menurut dia, ikan itu memiliki panjang 4 meter dengan berat 1 ton ditemukan dalam kondisi hidup. Hal itu diketahui dari insang dan mulut yang masih bergerak-gerak.

Baca juga: Seekor Hiu Paus Terjaring Pukat Nelayan di Flores Timur

"Masih hidup awalnya, tetapi sekitar satu jam kemudian mati," ucapnya

Hingga saat ini masih belum mengetahui secara pasti jenis hiu yang terdampar tersebut, apakah berjenis hiu tutul atau yang lainnya.

"Nanti menunggu BKSDA untuk kepastian jenisnya apa," imbuh Arief. 

Menunggu

Sementara WadirPolair Polda DIY AKBP Andreas Heri S menambahkan, pihaknya masih menunggu dari yang berwenang seperti BKSDA terkait mau diapakan hiu tersebut.

"Kita masih menunggu (pihak lain yang berwenang) sementara ikannya mencoba dievakusi, dan dicegah untuk kembali ke laut," ucapnya. 

Dari pantauan Kompas.com, sejumlah anggota SAR, warga dan polisi masih berusaha untuk melakukan evakuasi ikan hiu tersebut. Namun upaya tersebut selalu gagal. Tiga buah mobil tidak kuat menarik menarik bangkai hiu tersebut menjauhi bibir pantai

Kompas TV Berenang dengan Hiu Paus di Kepulauan Derawan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com