Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Diduga Mortir Sepanjang 1 Meter Ditemukan Pekerja Alat Berat di Dalam Parit

Kompas.com - 26/08/2018, 22:07 WIB
Citra Indriani,
Dian Maharani

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sebuah benda diduga mortir warna biru dengan panjang 1 meter ditemukan di dalam sebuah parit di Jalan Siak II Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, Riau, Minggu (26/8/2018).

Bahan peledak itu belum dipastikan masih aktif atau tidak, karena masih diperiksa petugas kepolisian.

Kasubag Humas Polresta Pekanbaru Ipda Budhia Adiandha menyampaikan, mortir ditemukan operator alat berat yang sedang bekerja membersihkan parit.

"Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan di Mako Brimob Polda Riau. Kemudian kita selidiki dari mana asal benda tersebut, apakah motir tersebut masih aktif atau tidak, saat ini masih ditangani oleh pihak Brimob" kata Budhia, Minggu.

Baca juga: Mortir Peninggalan Perang Dunia II Meledak di Banjarnegara

Sekitar pukul 15.20 WIB, saksi bernama Carles Fery (30) dan beberapa orang rekannya membersihkan parit menggunakan alat berat ekskavator. Kemudian, benda diduga mortir tersangkut pada baket ekskavator.

Operator alat berat sempat menduga benda tersebut merupakan sebuah tabung oksigen. Beda tersebut kemudian diangkat ke atas jembatan dan petugas langsung memberitahukan temuan tersebut kepada seorang mandor lapangan bernama Iwan.

"Para pekerja ini pun, menghubungi Polsek Payung Sekaki untuk memastikan jenis benda tersebut," tutur Budhia.

Selanjutnya, kata dia, petugas Polsek Payung Sekaki menghubungi Tim Penjinak Bom (Jibom) Sat Brimob Polda Riau untuk mengamankan mortir tersebut dan membawanya ke Mako Brimob Polda Riau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com