Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 7 di Lombok, Anak-anak Menangis, Listrik Padam, Sekolah Diliburkan

Kompas.com - 20/08/2018, 05:40 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa susulan di Lombok sudah terjadi 814 kali.

Gempa terbaru dengan kekuatan magnitudo 7 terjadi pada pukul 21:56 WIB dengan kedalaman 10 kilometer dan pusat gempa berada di 30 kilometer arah Timurlaut Lombok Timur.

Guncangan tersebut membuat warga di Lombok panik dan berlarian keluar rumah.

Berikut sejumlah fakta gempa magnitudo 7 di Lombok.

1. Listrik padam dan anak-anak menangis

Alas karpet disediakan pihak hotel pasca gempa di Lombok dan sekitarnya, Minggu (19/8/2018) malam.KOMPAS.com/JESSI CARINA Alas karpet disediakan pihak hotel pasca gempa di Lombok dan sekitarnya, Minggu (19/8/2018) malam.

Gempa pada Minggu malam (19/8/2018) membuat listrik di Kota Mataram padam. Dalam kondisi gelap, warga tetap memilih bertahan di luar rumah karena takut terjadi gempa susulan merobohkan rumah mereka.

Dilansir dari Antara, Minggu (19/8/2018), warga di jalan KH Mansyur, Mataram, berada di luar rumah meski tanpa ada penerangan lampu.

"Suasana mencekam terasa sekali, dan anak-anak pada menangis ketakutan," kata pewarta Antara.

Baca Juga: Listrik Padam, BNPB Terkendala Dapat Informasi Dampak Gempa Lombok

2. Turis di Senggigi berhamburan keluar hotel

Sejumlah gempa bermagnitudo di atas 5 mengguncang Lombok, NTB, Minggu (19/8/2018).dok.BMKG Sejumlah gempa bermagnitudo di atas 5 mengguncang Lombok, NTB, Minggu (19/8/2018).

Gempa bermagnitudo 7 di Lombok membuat panik para turis yang menginap di kawasan Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, NTB, Minggu (19/8/2018), berhamburan keluar dari restoran dan penginapan.

“Di sini gempa berasa sangat kencang. Kami langsung mengumpulkan para tamu ke parkiran, tempat yang aman karena tidak beratap,” kata Wardoyo kepada Kompas TV.

Menurut karyawan hotel di kawasan Senggigi tersebut, banyak dari para turis lebih memilih bertahan di luar hotel pasca-gempa.

Baca Juga: Gempa Kelima Guncang Lombok dalam 90 Menit Terakhir, Magnitudo 5,1

3. Warga Lombok diimbau jauhi bangunan

Warga di sekitar reruntuhan bangunan rumah yang rubuh akibat gempa di Lombok, NTB, Minggu (29/7/2018). Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa pertama kali mengguncang Lombok Timur dengan kekuatan 6,4 skala Richter (SR) pada pukul 06.47 Wita.HANDOUT/BPBD NTB/AFP Warga di sekitar reruntuhan bangunan rumah yang rubuh akibat gempa di Lombok, NTB, Minggu (29/7/2018). Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa pertama kali mengguncang Lombok Timur dengan kekuatan 6,4 skala Richter (SR) pada pukul 06.47 Wita.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, pada Minggu malam (19/8/2018) mengimbau warga di Lombok untuk mencari tanah lapang dan menjauhi bangunan.

"Untuk sementara jangan kembali ke rumah. Carilah tanah lapang yang jauh dari bangunan," katanya, Minggu (19/8/2018), dilansir dari Antara.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com