Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000 Lampion Merah Putih Semarakkan HUT Kemerdekaan RI di Solo

Kompas.com - 08/08/2018, 17:18 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ribuan lampion merah putih untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI menghiasi sepanjang koridor Jalan Jenderal Sudirman (Jensud) dan Jalan Urip Sumoharjo depan Pasar Gede di Solo, Jawa Tengah.

Lampion merah putih tersebut dipasang melintang di jalan kawasan pusat bisnis di Kota Bengawan. Pemasangan itu telah dilakukan sejak awal Agustus 2018.

Selain untuk memperindah kawasan itu pada malam hari, pemasangan lampion merah putih bisa dimanfaatkan oleh warga atau pengguna jalan yang melintas di kawasan itu sebagai spot berswafoto (selfie).

Warga yang memanfaatkan kawasan itu diimbau untuk tetap berhati-hati dan mengutamakan keselamatan. Karena arus lalu lintas (lalin) di kawasan itu cukup ramai.

Ketua panitia bersama Imlek 2018, Sumartono Hadinoto mengatakan, pemasangan lampion merah putih tersebut merupakan wujud sinergitas antara panitia bersama Imlek 2018 dengan Pemkot Surakarta.

Baca juga: Warga Asmat Ikuti Jalan Santai Sambut HUT RI dan Sukseskan Asian Games

Pihaknya ingin berpartisipasi dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI dengan menyumbang sekitar 2.000 lampion merah putih.

Martono menjelaskan, pemasangan lampion merah putih untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI di kawasan itu baru pertama kali. Biasanya, di kawasan itu hanya dipasangi bendara merah putih.

"Pak Wali Kota (FX Hadi Rudyatmo) waktu peringatan Imlek dalam sambutannya menyampaikan semua harus menyemarakkan semua event yang ada di Solo. Karena Solo ini merupakan salah satu kota ternyaman untuk disinggahi. Jadi, sebagai warga Solo kita harus ikut menjaga itu," terang pria yang akrab dipanggil Martono kepada Kompas.com, Rabu (8/8/2018).

Selain itu, ungkap Martono, pemasangan lampion merah putih itu untuk menciptakan destinasi baru guna menarik wisawatan datang ke Solo. Oleh karena itu, tahun ini kawasan itu dipasangi lampion merah putih.

Pihaknya mengajak seluruh generasi muda di Solo untuk bersama-sama ikut menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan RI dengan berbagai kegiatan yang baik dan positif.

"Karena nenek moyang kita dulu memerdekakan bangsa kita (Indonesia) taruhannya nyawa dan darah. Tentunya generasi penerus dan generasi muda harus menjaga kemerdekaan itu," kata wakil ketua Pengurus Dewan Harian Cabang (DHC) 1945 Solo.

Baca juga: HUT RI, Warga Kupang Terbang Gratis dengan Helikopter Tempur TNI

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan, alasan pemasangan lampion merah putih tersebut agar peringatan Hari Kemerdekaan semakin meriah. Lampion itu merupakan bantuan dari panitia bersama Imlek 2018.

"Dipilihnya lampion merah putih supaya suasana kemerdekaan ini meriah, sehingga lampion-lampion itu kita pasang di kawasan itu," kata Rudy.

Untuk persiapan lainnya, Rudy mengatakan, pemkot telah mengirimkan surat edaran kepada semua warga Solo untuk memasang bendera merah putih di depan rumahnya masing-masing.

Kompas TV Melihat Keakraban Para Presiden RI di Istana Merdeka
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com