Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terduga Teroris Ditangkap di Garut, Dikenal Suka Bergaul dan Ikut Gotong Royong

Kompas.com - 04/08/2018, 21:19 WIB
Ari Maulana Karang,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - Seorang terduga teroris warga Indramayu Jawa Barat diamankan Densus 88 di Kampung Gunung Gagak, Desa Sukawangi, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (4/8/2018) dinihari.

Kepala Desa Sukawangi Hadiansyah membenarkan penangkapan terduga teroris bernama Zaeni. Usianya diperkirakan sekitar 50 tahun. Namun, dia baru mengetahui adanya penangkapan tersebut sekitar pukul 10.00 WIB.

"Namanya Zaeni, warga Kabupaten Indramayu," ungkap Hadiansyah saat dihubungi lewat telepon genggamnya, Sabtu (4/8/2018) sore.

Baca juga: Ucapan Terakhir Petinju Valentinus: Maaf Mbak, Aku Sudah Enggak Kuat...

Menurut Hadiansyah, Zaeni tinggal di Kampung Gagak setelah menikahi gadis berusia 20 tahun di kampung tersebut secara siri pada tahun 2013 lalu. Biasanya, Zaeni datang ke kampung yang berada di perbatasan Tasikmalaya tersebut seminggu sekali.

"Mereka dinikahkan tokoh masyarakat di Kampung Gagak, hanya memang tidak laporan ke pihak desa," katanya.

Hadiansyah menuturkan, sosok Zaeni sendiri dikenal masyarakat sekitar sebagai orang biasa yang suka bergaul dengan masyarakat. Bahkan, Zaeni juga sering mengikuti kegiatan gotong-royong bersama warga.

"Warga di sini juga kaget, tidak menyangka kalau dia terlibat kelompok teror," katanya.

Baca juga: Cerita Lengkap Ibu Lurah Pura-pura Mati agar Selamat dari Upaya Pembunuhan

Hadiansyah menuturkan, lokasi Kampung Gunung Gagak sendiri terbilang jauh. Dari kantor desa saja jaraknya kurang lebih enam kilometer. Makanya jarang terjangkau. Kampung tersebut, berbatasan dengan Desa Pancasila Kecamatan Singajaya dan Kabupaten Tasikmalaya.

"Saya dengar sih sudah jadi buruan, setelah kabur dari Indramayu ke Subang terus ke Garut," ujarnya.

Hadiansyah mengaku tidak menerima laporan detail soal penangkapan tersebut, termasuk waktu penangkapannya. Namun, saat ronda malam dirinya sempat melihat ada beberapa mobil yang bergerak ke arah Gunung Gagak. Pagi harinya, ada laporan ada penangkapan.

Baca juga: Terduga Teroris Pegawai Kampus Politeknik Dikenal Rajin dan Cerdas

Dari informasi yang beredar, terduga teroris atas nama Zaeni tersebut diamankan oleh Densus 88 sekitar pukul 03.00 WIB. Zaeni diamankan dari rumah istri keduanya di Kampung Gagak, Desa Sukawangi, Kecamatan Singajaya.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat dikonfirmasi lewat pesan WhatsApp soal penangkapan terduga teroris di Garut belum memberikan keterangan.

Hal yang sama juga dilakukan Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna. Pesan yang dikirim ke ponselnya belum dibalas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com