Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurnalis Kompas TV Laporkan Oknum Pengamanan Pawai Obor Asian Games ke Polisi

Kompas.com - 04/08/2018, 20:18 WIB
Kurnia Sari Aziza

Editor

JAMBI, KOMPAS.com - Jurnalis Kompas TV Jambi Suci Annisa melaporkan oknum petugas pengamanan pawai obor Asian Games ke Polda Jambi, Sabtu (4/8/2018). 

Kepala Biro Kompas TV Jambi Suhatman mengatakan, pihaknya membawa barang bukti video yang menunjukkan oknum pengamanan tersebut melakukan kekerasan kepada Suci. 
 
"Kami sudah melaporkan ke SPK Polda Jambi. Namanya (oknum petugas pengamanan) belum diketahui, tetapi ada foto dia waktu melakukan tindakan kekerasan," kata Suhatman kepada Kompas.com, Sabtu. 
 
Baca juga: AJI Kecam Kekerasan terhadap Jurnalis Kompas TV
 
Ia mengatakan, tindakan yang dilakukan oknum petugas pengamanan pawai obor Asian Games di Jambi itu telah melanggar Pasal 4 ayat 3 juncto Pasal 18 Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers
 
Pada pasal tersebut disebutkan bahwa negara menjamin kemerdekaan pers, dan pers nasional mempunyai hak untuk mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi.
 
Sesuai UU Pers, setiap orang yang melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan kegiatan jurnalistik dapat dipidana penjara paling lama dua tahun atau denda paling banyak Rp 500.000.000.
 
 
Suci mengalami kekerasan saat meliput pawai obor Asian Games di kawasan lampu merah Simpang Empat Museum Siginjai, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Jumat (3/8/2018), pukul 14.30. 
 
Ketika Suci akan mengambil gambar, lanjut dia, sejumlah orang berseragam kaos dan topi yang diduga petugas pengamanan melakukan penghalangan. 
 
"Suci pakai seragam dan id card menyebut, 'saya jurnalis, saya wartawan, Pak'. Dia (petugas pengamanan) bilang, 'saya tidak peduli kamu, siapa pun kalian' dan langsung memukul ke arah Suci," ujar Suhatman. 
 
 
Sebelumnya, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jambi mengecam tindakan oknum pasukan pengamanan api obor Asian Games terhadap Suci. 

Ketua AJI Kota Jambi M Ramond EPU mendesak kepolisian dan pimpinan pasukan pengamanan pawai obor Asian Games mengusut tuntas kasus ini.
 
"Asian Games akan diliput jurnalis dari puluhan negara. Jangan sampai kasus serupa terjadi, sehingga perlu kepada semua petugas di Asian Games mengerti tentang kebebasan pers," ujar Ramond. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com