Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Konvoi Moge Bikin Perempuan Terperosok, Pengunggah Hanya Ingin Terkenal

Kompas.com - 30/07/2018, 20:37 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Jajaran Polres Klaten, Jawa Tengah (Jateng) melakukan pemeriksaan terhadap pemilik akun Facebook Arjuna Azka, Joko Purwanto (34), terkait viralnya video konvoi rombongan pengendara motor gede (moge) yang membuat seorang perempuan pengendara sepeda motor jatuh di kebun jagung pada Sabtu (21/7/2018) lalu.

Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono mengatakan, dari hasil pemeriksaan itu bahwa video yang diupload Joko di akun Facebooknya merupakan video yang berbeda dan tidak saling berkaitan. Bahkan, Joko, kata Agung sengaja mengupload video itu untuk alasan agar terkenal dan masuk berita.

"Dalam penyelidikan lebih lanjut didapatkan data bahwa saudara Joko Purwanto sengaja menyebar video tidak utuh agar terkenal dan dapat masuk berita," kata Agung didampingi Kasatlantas, AKP Adhytiawarman Gautama Putra dan Kasubag Humas, AKP Alya Fatma di Mapolres Klaten, Jawa Tengah, Senin (30/7/2018).

Baca juga: Polres Klaten Selidiki Patwal Konvoi Moge yang Buat Seorang Perempuan Terperosok

Agung menambahkan, pelaksanaan pengawalan terhadap konvoi rombongan pengendara moge tersebut sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) dengan tertib.

Tetapi, pada saat konvoi rombongan moge dari arah Sleman, Yogyakarta menuju Semarang yang melintas di ruas jalan kawasan Jatinom, Klaten, truk yang dikemudikan Joko dari arah bersamaan sengaja tidak memberikan jalur kepada pengawalan rombongan itu.

Pasalnya, posisi truk yang dikemudikan Joko tidak disesuaikan pada posisi lajur kiri dan sedikit menengah dengan tujuan untuk menghalangi konvoi rombongan pengendara moge yang melintas tersebut.

"Ternyata itu sengaja dilakukan (Joko) supaya rombongan moge itu tidak kebagian tempat dan tidak bisa lewat. Katanya (Joko) kesal," ungkapnya.

Baca juga: Viral, Video Konvoi Moge hingga Buat Seorang Perempuan Terperosok

Sementara terkait dengan jatuhnya seorang perempuan pengendara sepeda motor ke kebun jagung, jelas Agung, Joko yang mengupload video itu juga tidak dapat menjelaskannya.

"Sampai hari ini tidak ada satupun laporan polisi tentang kejadian laka yang melibatkan kendaraan, termasuk roda dua yang ibu-ibu jatuh ke kebun jagung itu pada hari Sabtu sampai hari ini," terang Agung.

Joko Purwanto, pemilik akun Facebook Arjuna Azka mengatakan, mengetahui ada patwal rombongan pengendara moge yang melintas, namun dirinya tidak langsung memindahkan posisi truk yang dikemudikannya.

"Memang saya tidak begitu cepat minggir dan tidak tanggap kalau ada patwal rombongan moge. Waktu ada ibu-ibu jatuh ke kebun jagung saya dapat informasi dari sopir-sopir truk yang melintas," kata dia.

Joko mengaku meminta maaf terkait viralnya video yang diuploadnya tersebut kepada jajaran kepolisian dan masyarakat. Ia juga mengimbau kepada masyarakat supaya tidak mengupload video yang belum tentu kebenarannya ke sosial media (sosmed).

"Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada jajaran kepolisian dan masyarakat," ucap Joko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com