Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pesan Jokowi untuk Lulusan IPDN, Integritas Nomor Satu

Kompas.com - 27/07/2018, 19:00 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo melantik 1.456 Pamong Praja Muda IPDN Angkatan XXV Tahun 2018 di Lapangan Parade Abdi Praja IPDN Kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (27/7/2018).

Dalam pidato sambutannya di hadapan ribuan lulusan Pamong Praja Muda tersebut, Jokowi menyampaikan sejumlah pesan.

Pada intinya, Jokowi mengingatkan mereka tentang status pamong praja sebagai seseorang yang melayani masyarakat dan mengabdi kepada negara untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Baca juga: Jokowi Ingatkan Integritas kepada Ribuan Lulusan IPDN

Berikut ini 4 pesan utama Jokowi kepada para pamong praja baru:

 

Presiden RI Joko Widodo tengah bersalaman dengan orangtua Praja IPDN usai melantik 1.456 lulusan Pamong Praja Muda IPDN.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Presiden RI Joko Widodo tengah bersalaman dengan orangtua Praja IPDN usai melantik 1.456 lulusan Pamong Praja Muda IPDN.

1. Integritas

Jokowi menekankan pentingnya integritas kepada ribuan lulusan IPDN.

"Lulusan dari IPDN Pamong Praja Muda ini nanti ditempatkan di tempat-tempat yang berhubungan dengan masyarakat. Jadi yang nama integritas itu nomor satu dan itu harus terus diingat," tuturnya.

Integritas, lanjut dia, harus diingat sehingga bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan responsif dalam menghadapi perubahan zaman.

"Saya kira memang perubahan zaman yang kita hadapi, yang muda-muda seperti ini harus lebih responsif, cepat dan lebih tanggap terhadap keinginan-keinginan yang ada di masyarakat," ucapnya.

 

 

Seorang Pamong Praja Muda (PPM) angkatan XXV melakukan sujud syukur seusai upacara Kelulusan dan Pelantikan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tahun 2018 di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (27/7/2018). Presiden Joko Widodo melantik sebanyak 1.456 Pamong Praja Muda yang akan ditempatkan di seluruh pelosok daerah di Indonesia. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa Seorang Pamong Praja Muda (PPM) angkatan XXV melakukan sujud syukur seusai upacara Kelulusan dan Pelantikan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tahun 2018 di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (27/7/2018). Presiden Joko Widodo melantik sebanyak 1.456 Pamong Praja Muda yang akan ditempatkan di seluruh pelosok daerah di Indonesia.

2. Melayani masyarakat 

Dalam pelantikan ini, Jokowi juga mengingatkan bahwa para praja muda dididik untuk berkarya menjalankan tugas bagi bangsa dan negara.

Jokowi meminta dalam tugas ke depan, para pamong praja bisa meningkatkan kualitas pelayanan di tengah masyarakat sambil responsif terhadap perubahan zaman.

"Saya kira memang perubahan zaman yang kita hadapi, yang muda-muda seperti ini harus lebih responsif, cepat dan lebih tanggap terhadap keinginan-keinginan yang ada di masyarakat," ungkapnya.

Jokowi berpesan untuk menjaga masa depan pemerintahan Indonesia, baik dari tingkat desa hingga pusat.

"Kalianlah yang akan menjalankan adaptasi dan reformasi itu. Hati kalianlah yang akan merawat kedekatan dengan rakyat dan yang melayani rakyat. Tekad kalianlah yang akan memperkokoh pancasila NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," tuturnya kemudian.

 

 

Presiden RI Joko Widodo saat akan memberikan keterangan seusai melantik 1.456 Pamong Praja Muda IPDN Angkatan XXV Tahun 2018 di Kampus IPDN Jatinangor, Jumat (26/7/2018). Tribun Jabar/Ragil Wisnu Saputra Presiden RI Joko Widodo saat akan memberikan keterangan seusai melantik 1.456 Pamong Praja Muda IPDN Angkatan XXV Tahun 2018 di Kampus IPDN Jatinangor, Jumat (26/7/2018).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com