Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ingatkan Integritas kepada Ribuan Lulusan IPDN

Kompas.com - 27/07/2018, 16:10 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo menekankan pentingnya integritas kepada ribuan lulusan Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Hal tersebut disampaikan Jokowi seusai melantik 1.456 Pamong Praja Muda Lulusan IPDN di kampus IPDN Jatinangor, Jawa Barat, Jumat (27/6/2018).

"Lulusan dari IPDN Pamong Praja Muda ini nanti ditempatkan d tempat-tempat yang berhubungan dengan masyarakat. Jadi yang nama integritas itu nomor satu dan itu harus terus diingat," tuturnya.

Jokowi mengaku selalu mengingatkan kecepatan pelayanan ke setiap ruang masyarakat. Menurutnya, para Pamong Praja Muda ini harus responsif dalam menghadapi perubahan zaman.

"Saya kira memang perubahan zaman yang kita hadapi, yang muda-muda seperti ini harus lebih responsif ,cepat dan lebih tanggap terhadap keinginan-keinginan yang ada di masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Sebanyak 1.456 Lulusan IPDN Dilantik Presiden Joko Widodo

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 1.456 Pamong Praja Muda IPDN angkatan XXV tahun 2018 dilantik Presiden Joko Widodo di Lapangan Parade Abdi Praja IPDN Kampus Jatinangor, Jumat (27/7/2018).

Tampak Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mendampingi pelantikan tersebut. Tak hanya itu, sejumlah pejabat jajaran Menteri Kabinet Kerja, Jajaran Lembaga Tinggi Negara, PJ Gubernur Jawa Barat Komjen M Iriawan, beberapa perwakilan pejabat TNI/Polri, perwakilan pejabat di Lembaga Non Kementrian, perwakilan Partai Negeri RI, para mantan Sekjen Kementrian Dalam Negeri dan perwakilan Gubernur di seluruh Indonesia hadir dalam pelantikan tersebut.

Presiden Jokowi yang didampingi istri tiba di IPDN sekitar pukul 09.00 WIB. 

Pada kesempatan tersebut, Presiden secara langsung mengalungkan penghargaan Kartika Astha Bratha kepada lulusan terbaik Program Diploma IV atas nama Puspita Dewi Pertiwi Fitrah asal pendaftaran Provinsi Sulawesi Selatan dengan IPK 3,705.

Baca juga: Kasus Pembangunan IPDN, Pejabat Kemendagri Didakwa Rugikan Negara Rp 34 Miliar

Jokowi juga mengalungkan penghargaan Kamika Pradnya Utama kepada Adnan Handaru Anpio Tikoto asal pendaftaran Provinsi Lampung sebagai lulusan terbaik Program Sarjana dengan IPK 3,722.

Kompas TV Mantan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi kembali diperiksa penyidik KPK.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com