Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiba di Malang, Api Obor Asian Games Dibawa ke Makam Bung Karno di Blitar

Kompas.com - 20/07/2018, 13:38 WIB
Andi Hartik,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Api Obor Asian Games 2018 tiba di Malang, Jumat (20/7/2018).

Api yang diambil dari New Delhi di India serta api yang diambil dari Mrapen di Grobogan, Jawa Tengah, itu tiba di Landasan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh menggunakan pesawat Boeing A 7307 milik TNI AU.

Api itu diserahkan oleh Marsma TNI Eko Dono selaku perwakilan tim yang membawa api obor kepada Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsma TNI Andi Wijaya.

Selanjutnya, Andi menyerahkan api obor itu kepada panitia Asian Games, Ihsan Zuyadi untuk dibawa ke Makam Bung Karno (proklamator sekaligus Pesiden Pertama RI, Soekarno) di Kota Blitar. Rencananya, api obor itu dibawa kembali ke Kota Malang untuk diarak menuju Balai Kota Malang.

"Saya bersyukur dan bangga bahwa Lanud Abdulrachman Saleh dipercaya sebagai tempat penyerahan api obor Asian Games 2018. Yaitu menjadi tempat kedua setelah Lanud Adisutjipto Yogyakarta," ungkapnya.

Baca juga: Jalur Subang-Purwakarta Dipakai untuk Asian Games, Kapolda Minta Maaf

Sementara itu, untuk menyambut api obor Asian Games 2018 itu, Lanud Abdulrachman Saleh menyiapkan tiga kompi pasukan. Terdiri dari Paskhas, staf Lanud Abdulrachman Saleh dan Saka Dirgantara.

Selain itu, Lanud Abdulrachman Saleh juga menyiapkan 4 pesawat supertucano dengan flypass mengawal pesawat Boeing A 7307 yang membawa api obor tersebut.

"Kita bangga Asian Games dilaksanakan di Indonesia. Sesuai dengan instruksi dari Bapak Presiden dan Panglima TNI yang begitu besar memberikan apresiasi dan kita harus mendukung. Saya berharap Asian Games 2018 berjalan dengan lancar, aman dan sukses," jelasnya.

Baca juga: Dian Sastro: Aku Bersyukur, Bangga, Bawa Obor Asian Games 2018

Kompas TV Acara kirab obor Asian Games berlangsung meriah dengan gelaran beragam kesenian tradisional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com