Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekapitulasi KPU untuk Pilkada Riau Tak Dihadiri 4 Paslon

Kompas.com - 09/07/2018, 06:27 WIB
Citra Indriani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

Kompas TV LP kelas IIA Pekanbaru, Riau ditembak orang tidak dikenal. Polisi menemukan selongsong dan proyektil peluru di lokasi kejadian.

PEKANBARU, KOMPAS.com - Empat pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur Riau tidak ada yang terlihat hadir pada sidang pleno akhir rekapitulasi penghitungan suara yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau di hotel Aryaduta Pekanbaru, Minggu (8/7/2018).

Keempatnya yakni, Syamsuar-Edy Natar (nomor urut 1), Lukman Edy-Hardianto (nomor urut 2), Firdaus-Rusli (nomor urut 3) dan petahana Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno (nomor urut 4).

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau Nurhamin, hal itu sebenarnya tidak ada masalah hadir atau tidaknya paslon tersebut.

"Tidak ada undangan khusus untuk kehadiran paslon. Mau hadir, ya silahkan.  Gak hadir, ya gak masalah. Yang wajib itu cuma saksi dari masing-masing paslon dan itu diatur dalam PKPU nomor 9 tentang undangan kepada saksi paslon," ujar Nurhamin saat berbincang dengan Kompas.com.

Baca juga: Rapat Pleno KPU, Pilkada Riau Dimenangkan Syamsuar-Edy Natar

Sementara itu, dia mengaku bersyukur seluruh proses pelaksanaan Pilkada di Riau berjalan dengan lancar.

Bahkan setelah disampaikan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara dari 12 Kabupaten dan Kota di Riau, tidak ada tim paslon yang keberatan dengan hasil tersebut.

"Ini menandakan Pilkada di Riau Berpantun (Bersih, Partisipatif, Adil dan Santun), dapat terlaksana dengan baik" ucap Nurhamin.

Dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018, suara terbanyak diraih oleh pasangan nomor urut 1 Syamsuar-Edy yang diusung tiga partai, yaitu Partai PAN, PKS dan NasDem. Pasangan ini berhasil meraih 799.289 suara.

Sementara di posisi kedua pasangan nomor urut 4, yang merupakan Petahana yakni, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno yang diusung Partai Golkar, PDI-P dan Hanura meraih 507.187 suara.

Baca juga: Coblosan di TPS Daerah Rawan dan Terisolasi di Riau Dipantau Pakai Heli

Posisi ketiga, pasangan nomor urut 3 Firdaus-Rusli yang diusung Partai Demokrat dan PPP meraih 416.248 suara.

Dan yang terakhir, pasangan nomor urut 2 Lukman Edy-Hartdianto yang diusung Partai PKB dan Gerindra mendapat 369.802 suara.

Untuk jumlah suara sah 2.082.526. Suara tidak sah, 53.606. Sedangkan totalnya keseluruhannya sebanyak 2.146.132 suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com