Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilgub Riau, Warga Arungi Banjir Untuk Mencoblos di TPS

Kompas.com - 27/06/2018, 13:22 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Warga Jalan Fajar RT 02 RW 10 Kelurahan Labuh Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, Riau terpaksa mengarungi banjir untuk mencoblos pemilihan gubernur dan wakil gubernur (pilgub) Riau, Rabu (27/6/2018).

Banjir terjadi akibat hujan deras sejak Rabu dinihari mengakibatkan sekolah yang dijadikan tempat pengumutan suara (TPS) 034 terendam setinggi lutut orang dewasa. Beruntung seluruh logistik cepat diselamatkan petugas.

Ketua KPPS TPS 034 Aidil Umar Nasution mengatakan, warga mulai datang ke TPS sekitar pukul 07.30 WIB untuk mencoblos.

"Meski tadi pagi banjir cukup parah, tapi warga sudah ada yang datang mencoblos. Ada sekitar 27 pemilih yang rela arungi banjir," ujar Aidil pada Kompas.com.

Baca juga: PDI-P Usung Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno pada Pilkada Riau 2018

Dia mengatakan, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 034 sebanyak 220 warga. Hingga pukul 10.00 WIB, baru sekitar 70 orang warga yang datang memilih. Namun, jumlah itu terus bertambah.

"TPS akhirnya kita pindahkan ke rumah salah satu warga sekitar 20 meter dari lokasi awal. Karena di dalam kelas sekolah masih tergenang air," akui Aidil.

Akibat banjir tersebut, dia juga mengkhawatirkan antusias warga akan menurun untuk memilih pemimpin Riau lima tahun kedepan.

"Kita juga khawatir pemilih tidak sampai dengan target yang dimaksud," ujar Aidil.

Antusias memilih

Sejumlah warga terlihat antusias datang ke TPS untuk mencoblos pilihannya. Menjelang siang, warga semakin ramai ke TPS.

"Antusias warga tinggi, meski kawasan ini banjir," akui Syafi'i salah satu warga yang ikut mencoblos.

Baca juga: Direstui Setya Novanto, Golkar Tunjuk Petahana di Pilkada Riau

Dia berharap, gubernur dan wakil gubernur Riau yang terpilih nantinya agar dapat meningkatkan pembangunan.

"Salah satunya drainase harus diperbaiki untuk antisipasi banjir di wilayah kami. Disini rawan banjir sejak dulu. Apalagi kalau sudah hujan deras," kata Syafi'i.

Hal yang sama disampaikan Yanto. Dia berharap kepada gubernur dan wakil gubernur Riau terpilih agar dapat lebih memperhatikan wilayah yang rawan banjir.

"Di Kota Pekanbaru banyak sekali titik banjir. Kondisi ini belum bisa diantisipasi oleh pemerintah. Jadi kita garap gubernur yang menang nanti, peduli dengan warganya," kata Yanto berharap.

Sebagaimana diketahui, empat pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur Riau yang memperebutkan suara masyarakat hari ini.

Keempat paslon yakni, Syamsuar-Edy Natar (nomor urut 1), Lukman Edy-Hardianto (nomor urut 2), Firdaus-Rusli (nomor urut 3) dan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno (nomor urut 4).

Kompas TV Maju sebagai bakal calon Wakil Gubernur Riau 2018, Brigjen Edy Natar Nasution telah mengajukan pengunduran dirinya dari TNI.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com