Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diminta Jokowi, Menhub Akan Kumpulkan Kepala Dishub karena Banyak Kecelakaan Laut

Kompas.com - 04/07/2018, 19:45 WIB
Chermanto Tjaombah,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

MAROS, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana mengumpulkan seluruh Kepala Dinas Perhubungan se-Indonesia pada Jumat (6/7/2018) pasca-sejumlah peristiwa kecelakaan transportasi laut di berbagai daerah dalam dua bulan terakhir.

“Sesuai amanat Bapak Presiden kepada saya, untuk memastikan keselamatan hari Jumat, saya akan kumpulkan Kadishub se-Indonesia agar pesan-pesan yang ada di UU itu dapat terlaksana dengan baik,” papar Budi dalam keterangan pers di Bandara Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, usai kunjungan ke perairan Selayar, Rabu (4/7/2018).

Baca juga: Menhub: Kapal Feri KM Lestari Maju Bawa Penumpang Melebihi Manifes

Selain akan mengumpulkan seluruh kepala dinas, Kementerian Perhubungan akan melakukan pendidikan ulang kepada para pejabat syahbandar untuk mengevaluasi dan menyegarkan kembali kesadaran mereka terkait aturan seputar keselamatan penumpang yang harus diperhatikan.

Sejumlah kecelakaan transportasi laut terjadi dalam kurun waktu dua bulan terakhir di berbagai daerah di Indonesia, di antaranya di Pulau Barrang Lompo Makassar, KM Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara, tabrakan speedboat di Nunukan dan KM Lestari Maju di perairan Selayar, Selasa (3/7/2018).

Baca juga: Uang Rp 30 Miliar yang Tenggelam Bersama Kapal Feri Ditemukan Utuh Tanpa Kerusakan

Baca juga: Polisi: Uang Rp 30 Miliar Masih Berada Di Bangkai KM Lestari Maju

Budi berharap, pertemuan dengan para pejabat Dinas Perhubungan dan jajarannya bisa meminimalisasi kecelakaan serupa terulang kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com