Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bima Arya yang Kembali Berjaya di Kota Bogor...

Kompas.com - 28/06/2018, 11:44 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto-Dedie Rachim, menang atas hasil akhir hitung cepat (quick count) yang dikeluarkan lembaga survei Charta Politika, Rabu (27/6/2018).

Data masuk 100 persen pada pukul 20.45 WIB, Bima Arya-Dedie Rachim mengungguli kandidat lainnya dengan perolehan suara 44,61 persen.

Pasangan nomor urut tiga ini unggul suara di semua kecamatan. Raihan suara incumbent ini paling banyak berada di Kecamatan Bogor Utara. Di sana, Bima-Dedie memperoleh dukungan suara sebanyak 48 persen.

Posisi kedua, berdasarkan quick count, ditempati pasangan Achmad Ru'yat-Zaenul Mutaqin. Pesaing terberat Bima-Dedie yang diusung Gerindra, PKS dan PPP, ini memperoleh suara sebesar 30,66 persen.

Baca juga: Hasil Quick Count, Pemerintahan Bima Arya di Bogor Berlanjut

Sementara, dua calon lainnya, Edgar Suratman-Sefwelly Gynanjar yang maju melalui jalur independen mendapatkan 12,40 persen diposisi ketiga, dan pasangan Dadang Danubrata-Sugeng Teguh Santoso berada di posisi empat dengan 12,33 persen.

Kemenangan Bima-Dedie ini sebelumnya sudah diprediksi oleh sejumlah kalangan dan lembaga survei.

Menurut Manager Riset Charta Politika, Muslimin Tanja, hasil survei terakhir menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap pasangan ini cukup tinggi di atas 70 persen.

Baca juga: Menang Quick Count, Bima Arya Janji Tuntaskan Program-programnya

“Di atas kertas, ketika survei kepuasan publik terhadap incumben itu tinggi di atas 70 persen, biasanya cenderung akan terpilih kembali. Masyarakat sudah melihat prestasi apa yang sudah dilakukan dan merasa puas,” ucap Tanja.

Jokowi hingga SBY

Ucapan selamat atas hasil quick count terhadap pasangan Bima Arya-Dedie Rachim pun datang dari Presiden RI Joko Widodo.

Di sela kegiatannya ketika menyapa seluruh simpatisan dan pendukung Badra (Bima Arya-Dedie Rachim) di posko pemenangan, Bima mengaku, telah dihubungi oleh Jokowi.

Calon Wali Kota Bogoe Bima Arya Sugiarto menyampaikan pidato kemenangannya dalam Pilkada 2018 di posko kemenangan yang beralamat di Jalan Pangrango Bogor, Rabu (27/6/2018).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Calon Wali Kota Bogoe Bima Arya Sugiarto menyampaikan pidato kemenangannya dalam Pilkada 2018 di posko kemenangan yang beralamat di Jalan Pangrango Bogor, Rabu (27/6/2018).
Jokowi, kata Bima, mengucapkan selamat kepada dirinya serta menitipkan salam untuk pasangannya, Dedie Rachim.

"Assalamualaikum, Pak Bima Arya. Selamat ya atas kemenangannya. Sampaikan juga ke Kang Dedie. Sampaikan salam saya," ujar Bima menceritakan tentang ucapan selamat dari Jokowi.

Dalam obrolan lewat telepon yang berlangsung selama satu menit itu, Bima menyampaikan bahwa sebagai kepala daerah dirinya siap membantu dan bersinergi dengan pemerintah pusat untuk menuntaskan program-program prioritas.

Baca juga: Hasil Akhir Quick Count Charta Politika, Bima Arya-Dedie Menang

"Ya, berbincang sebentar seputar sinergi antara daerah dengan pusat," ujar Bima.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com