Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.467 Surat Suara untuk Pilkada Kabupaten Cirebon Hilang

Kompas.com - 27/06/2018, 13:38 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com – Sebanyak 2.467 surat suara untuk pemilihan Bupati dan Wakili Bupati Kabupaten Cirebon Jawa Barat di Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, hilang, Selasa (26/6/2018) malam atau sehari menjelang pencoblosan.

Tim gabungan TNI dan Polri langsung menyelidiki kasus terebut.

Sejumlah petugas gabungan dari Polres Cirebon serta kodim 0620 berkumpul di kantor Balai Desa Danamulya, Rabu pagi.

Mereka berjaga di sekitar lokasi serta melakukan pemeriksaan atas adanya laporan kehilangan surat suara pada Selasa malam.

Sejumlah petugas perwakilan dari KPU dan Panwaslu Kabupaten Cirebon juga terus berkoordinasi di lokasi dengan pemerintah daerah.

Baca juga: KPU Riau Musnahkan 2.648 Lembar Sisa Surat Suara

Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto menjelakan, pihaknya menerima laporan bahwa petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak menemukan surat suara saat hendak memasang dan merapikan logistik pada Selasa malam. Pihaknya langsung melakukan pemeriksaan untuk mendalami kasus kehilangan surat suara tersebut.

“Pada saat petugas PPS hendak mengambil logistik dilakukan penghitungan, tidak ditemukan kertas surat suara untuk enam TPS, jumlah kertas surat suara sekitar 2.467. Kita masih dalami di manakan titik kehilangannya,” kata Suhermanto di lokasi.

Selly Andriani Gantina, wakil bupati Cirebon menyebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan KPU dan Panwaslu.

Hasilnya, KPU menyediakan surat suara pengganti dengan surat suara cadangan sebanyak 1.971 atau sekitar 80 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 2.404.

“Hasil koordinasinya, KPU menyediakan sebanyak 80 persen dari total DPT. Sementara 20 persen kertas surat suara masih dalam proses. Selain itu, pertimbangan lain adalah sebagian besar warga desa ini sedang berkerja di luar kota dan luar negeri,” jelas Selly.

Baca juga: Maju Pilkada Cirebon, Pelawak Komar Gabung Partai Nasdem

Ketua Panitia Pemungutan Suara Desa Danamulya Suparyo menceritakan, kertas surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon diketahui hilang pada pukul 23.10 WIB Selasa malam saat hendak melakukan persiapan. Ia langsung melaporkan kejadian itu kepada petugas KPU kabupaten.

“Kertas surat suara pengganti yang hilang tiba sekitar pukul 07.00 WIB Rabu pagi. Pihaknya langsung mendistribusikan ke enam TPS. Warga dapat menyalurkan hak suaranya terlambat lima menit,” ungkapnya.

Kompas TV Jelang pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Utara, sejumlah TPS disiapkan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com