Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berwisata ke Taman Nasional Lore Lindu, Seorang Pemuda Tenggelam di Danau Tambing

Kompas.com - 25/06/2018, 15:21 WIB
Erna Dwi Lidiawati,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALU, KOMPAS.com - Seorang pemuda bernama Raymon Wahyu Hidayat (21) tenggelam saat tengah berwisata ke Danau Tambing di dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL).

Raymon merupakan anggota LPA Matimpa, sebuah organisasi penggiat alam bebas, dilaporkan tenggelam di kawasan danau tersebut.

Kepala Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Basrano, mengatakan, pihaknya menerima laporan dari masyarakat terkait insiden ini, Minggu, 24 Juni 2018 sekitar pukul 16.05 Wita.

Saat itu juga pihaknya langsung mengerahkan tim penyelamat 10 orang personel untuk menuju lokasi kejadian.

“Anggota kita tiba di lokasi sekitar pukul 23.00 Wita, dan langsung berkoordinasi dengan keluarga korban dan hari ini proses pencarian baru dilakukan,” kata Basrano, Senin (25/6/2018).

Proses pencairan dilakukan dengan cara menyisir kawasan Danau Tambing dan juga melakukan penyelaman di titik jatuhnya korban.

Banyaknya akar pohon di dasar Danau Tambing menjadi kendala dalam proses pencarian. Namun ia berharap korban secepatnya bisa ditemukan.

Baca juga: Seorang Nelayan Berhasil Dievakuasi Setelah Perahunya Tenggelam Di Teluk Tomini

Dari hasil keterangan di lapangan, sebelum kejadian naas itu, korban bersama teman-temannya tengah menumpangi sebuah rakit milik masyarakat setempat.

Rakit dengan kondisi apa adanya itu biasanya digunakan warga yang tinggal dekat kawasan, untuk mencari ikan mujair di danau tersebut.

Baca juga: Jatuh Dari Rakit, Satu Pengunjung Danau Tambing Dilaporkan Tenggelam

Rakit tersebut kemudian digunakan para pemuda tersebut untuk menikmati indahnya Danau Tambing. Namun sayang, korban terpeleset dan jatuh dari rakit dan tak muncul lagi di permukaan.

Kompas TV Untuk mencari letak keberadaan Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Badan SAR Nasional mengerahkan berbagai upaya pencarian manual.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com