Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasanuddin Berharap Ada Tambahan Waktu di Debat Ketiga Pilkada Jabar

Kompas.com - 20/06/2018, 20:33 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin meminta Komisi Pemilihan Umum untuk menambah waktu pemaparan materi dalam debat ketiga Pilkada Jawa Barat yang akan digelar di Grand Ballroom Sudirman Convention Centre, Jalan Sudirman, Kota Bandung, Jumat (22/6/2018) mendatang.

Menurut Hasan, alokasi waktu yang disediakan oleh KPU seringkali kurang mencukupi. Kandidat kerap mendapat kesulitan untuk memaparkan materi secara sempurna lantaran waktu yang disediakan sangat terbatas.

"KPU mestinya memberikan penambahan waktu agar pemaparan visi, misi dan program masing-masing pasangan calon bisa lengkap dan publik pun dapat memahaminya secara utuh. Kalau hanya satu menit, baru prolog saja sudah habis," kata Hasan di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang Nomor 45, Bandung, Rabu (20/6/2018).

Hasan menilai, debat publik bagian dari cara penyelenggara mengenalkan kandidat kepada masyarakat.

Melalui debat publik, sambungnya, internalisasi pendidikan politik secara gamblang bisa tersampaikan. Oleh karenanya, ia berharap KPU bisa mempertimbangkan adanya penambahan waktu, 5 sampai 10 menit.

Baca juga: TB Hasanuddin: Perancis Pasti Jadi Juara Piala Dunia

Lebih lanjut Hasan mengatakan, debat publik putaran ketiga mengangkat tema berkaitan tentang kebijakan dan hak-hak publik yang harus dijamin pemerintah daerah.

Menurut dia, perlu waktu lebih untuk memberikan jawaban menyangkut persoalan perempuan, disabilitas, anak, kepemudaan, sosial budaya dan ideologi.

"Bagaimana disuruh menjelaskan untuk keperluan masyarakat Jawa Barat yang sangat prinsipil dan strategis dalam waktu satu menit. Paling tidak, grand design tuh lima menit atau 10 menit lah," tandasnya.

Baca juga: TB Hasanuddin: Jangan Sampai Berbeda Pilihan Memutus Tali Silaturahim

Kompas TV Pelantikan Komjen M Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat menuai pro dan kontra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com