Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-4, Jalur Pantura Semarang Lancar dan Bebas Rob

Kompas.com - 11/06/2018, 07:53 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Jalan Pantai Utara di Kota Semarang, Jawa Tengah terpantau ramai lancar Senin (11/6/2018) pagi. Tidak terlihat kepadatan maupun genangan air rob di jalur tersebut.

Pantauan Kompas.com Senin (11/6/2018) pagi, jalur Surabaya menuju Jakarta ataupun sebaliknya terpantau ramai lancar. Kendaraan berat tak tampak di jalur tersebut.

Rata-rata jalanan dipenuhi kendaraan roda 4, serta kendaraan roda dua. Jalanan dari Genuk hingga Kaligawe juga bebas dari air bah.

Pemandangan ini kontras dengan beberapa bulan silam dimana jalur ini selalu dipenuhi air bah.

Baca juga: Pantura Jakarta-Cirebon, Ajang Rebutan Pemudik Motor dan Mobil

Pada H-6 lalu, jalur tersebut juga bebas dari banjir rob. Pada Sabtu (9/6/2018) lalu tidak ada genangan air di lokasi itu.

Selain pantura, kondisi jalan arteri Kota Semarang juga ramai lancar. Kendaraan berjalan bebas di jalab arteri RE Martadinata hingga Terboyo.

Tampak pemudik melalui jalur tersebut, baik dari Jakarta, Banten, Purwakarta, dan sekitarnya memenuhi jalanan di pinggir laut Kota Semarang itu.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Satrio Hidayat mengatakan, pemerintah terus memantau kondisi di wilayah Kaligawe dan Terboyo.

Baca juga: Kepadatan Arus Mudik di Karawang Diprediksi Terjadi pada H-3 Lebaran

 

Jika sewaktu-waktu rob, maka pompa akan difungsikan. Di jalur itu, kata dia, juga dibangun posko khusus untuk menangani genangan air pasang.

"Kaligawe sudah dari awal disiapkan pompa. Mudah-mudahan air pasang tidak tinggi," ucap Satrio.

Jika kemungkinan terburuk terkena genangan, maka arus lalu lintas menuju Surabaya bakal dialihkan melalui jalur tengah via Mranggen, Kabupaten Demak.

Kompas TV Jalur tol di Pantura masih menjadi favorit pemudik yang akan menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com