Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran, Penumpang Diimbau Tidak Bercanda soal Bom

Kompas.com - 08/06/2018, 20:46 WIB
Erna Dwi Lidiawati,
Reni Susanti

Tim Redaksi

PALU, KOMPAS.com – Peningkatan penumpang yang akan mudik Lebaran menggunakan jalur udara, diperkirakan bakal terjadi satu hingga dua hari ke depan.

Menurut Kepala Bandara Mutiara Sis Aljufrie Palu, Benyamin Noach Apituley, peningkatan penumpang terjadi lantaran adanya cuti bersama para Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Senin (11/6/2018). 

“Libur yang terjadi saat ini cukup panjang. Saya memprediksi lonjakan penumpang bakal terjadi Sabtu besok,” kata Benyamin, Jumat (8/6/2018).

Jumlah pesawat yang beroperasi di bandara ini, sambung Benyamin, sekitar 21-22 penerbangan. Puluhan penerbangan dilayani lima maskapai.

Baca juga: Kesal Delay, Alasan Penumpang Sriwijaya Air Sebut Ada Bom

 

Setiap hari, ada sekitar 2.500 penumpang yang berangkat dan datang. Memasuki musim mudik bandara membuka Posko Angkutan Lebaran.

Posko ini dibuka untuk melayani para penumpang yang datang maupun pergi untuk pemeriksaan kesehatan secara gratis. 

Selain itu, Pos Pelayanan Lebaran 2018 melibatkan personel gabungan dari petugas keamanan bandara, Polres Palu, dan TNI. Posko tersebut beroperasi sejak Kamis, 7 Juni 2018 atau H-8.

Terkait maraknya candaan soal bom, Benyamin mengimbau para penumpang tidak melakukan hal yang merugikan diri sendiri.

“Untuk mengantisipasinya, kami sudah memasang sejumlah banner dan televisi untuk mengingatkan para penumpang agar tidak bercanda soal bom, karena itu ada sanksinya,” ujar Benyamin. 

Kompas TV Pengamat penerbangan mengaku heran dengan pihak Lion Air yang akan memidanakan penumpang pembuka pintu darurat pesawat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com