Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudrajat: Lima Tahun Citarum Beres asal Ada Dana Minimal Rp 3 Triliun

Kompas.com - 14/05/2018, 21:34 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Pasangan cagub nomor urut 3 Sudrajat-Ahmad Syaikhu mengaku bahwa upaya membersihkan air Sungai Citarum dalam lima tahun ke depan membutuhkan komitmen dan dana yang besar.

"Dalam 5 tahun memang agak berat kecuali memang kita (usahakan terus). Saya tidak bisa mengklaim. Bahkan Pak Jokowi dalam 7 tahun. Dalam 5 tahun boleh apabila kita cukup secara gencar mengeluarkan dana yang cukup kuat lebih dari Rp 3 triliun bahkan sampai Rp 5 triliun," ucap Sudrajat jelang debat terbuka putaran kedua di UI Depok, Senin (14/5/2018).

Sudrajat mengaku prihatin bahwa Citarum saat ini dikatakan sebagai sungai kelas D. Dia pun mengaku telah menyiapkan beragam program untuk meningkatkan kualitas sungai tersebut.

Sudrajat akan bekerja sama dengan pemerintah pusat karena daerah aliran sungai merupakan tanggung jawab pemerintah pusat sehingga peogram harus sinkronisasi dengan daerah dan pusat.

Usaha kedua adalah mendidik masyarakat. Langkah ini sangat penting, sehingga meski 5 tahun agak berat tetapi paling diperkirakan dapat mencapai 50 persen (peningkatan kualitas sungai).

Sebelumnya, Sudrajat mengatakan, mempersiapkan diri secara sederhana jelang debat.

"Persiapannya badan sehat, perut kenyang," ucap Sudrajat.

Debat kali ini akan kembali mempertemukan empat calon gubernur dan wakil gubernur yang memperebutkan kursi nomor 1 Jawa Barat. Nomor urut 1 Ridwan Kamil- Uu Ruzhanul Ulum, nomor urut 2 Tb Hasanuddin - Anton Charliyan, nomor urut 3 Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan nomor urut 4 Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi

Tema debat kali ini yakni terkait dengan lingkungan hidup, sumber daya alam, energi dan pangan, pertanian, kelautan dan kehutanan, serta pertambangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com