Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-Bom di Surabaya, Seluruh Gereja di Banyuwangi Disterilisasi

Kompas.com - 13/05/2018, 13:09 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Polisi menyisir sejumlah gereja di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pasca-meledaknya bom di tiga gereja yang ada di Surabaya, Minggu (13/5/2018) pagi.

Total 20 personel tim satuan unit Sabhara Polres Banyuwangi yang menyisir halaman gereja, antara lain Gereja Maria Ratu Damai dan Gereja Imanuel yang ada di tengah kota Banyuwangi.

"Untuk wilayah kota Banyuwangi ada empat gereja besar yang kami sterilisasi dengan melibatkan anjing pelacak dan 20 personel polisi dari unit Shabara Polres Banyuwangi," ungkap Ipda Suhartono, Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli Polres Banyuwangi, Minggu (13/5/2018).

Baca juga: Selamat Jalan Evan, Bocah 11 Tahun Korban Ledakan Bom Gereja Santa Maria

Saat sterilisasi, gereja dalam keadaan kosong dan tidak ada umat yang beribadah sehingga penyisiran hanya dilakukan di bagian halaman dan luar gereja.

Sterilisasi gereja juga dilakukan oleh seluruh jajaran kepolisian hingga di tingkat Polsek. Total ada 202 gereja yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Sementara itu, Pendeta Anang Sugeng Kepala Badan Musyawarah Antar Gereja Kabupaten Banyuwangi saat dihubungi Kompas.com mengatakan ikut berduka atas kejadian meledaknya bom di gereja yang ada di Surabaya dan berharap agar para pelaku yang terlibat segera ditangkap.

Baca juga: Cerita Juru Parkir GKI Surabaya, Lihat Wanita dan 2 Anak Pakai Rompi Sebelum Ledakan

Selain itu, dia juga mengimbau kepada seluruh umat kristiani yang ada di Banyuwangi untuk tetap melaksanakan ibadah seperti biasanya tanpa perlu khawatir.

"Pasca-kejadian pengeboman tadi pagi, Babinsa dan aparat kepolisian turun semua ke seluruh gereja yang ada di Banyuwangi untuk melakukan pengamanan. Mereka juga menghimbau kepada jemaat agar tidak membawa tas besar yang mencolok saat beribadah ke gereja. Semoga damai menyertai Indonesia," katanya.

 

Kompas TV Hingga saat ini, pelaku bom di tiga gereja di Surabaya masih belum teridentifikasi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com