Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Miliki Komputer, Dua SMA di Batam Menumpang UNBK ke Sekolah Lain

Kompas.com - 09/04/2018, 18:08 WIB
Hadi Maulana,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer
(UNBK) tingkat sekolah menengah akhir (SMA) di Kepulauan Riau (Kepri) diketahui ada dua sekolah yang menumpang tempat ujian ke sekolah lain.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Arifin Nasir.

"Ada dua sekolah yang pelaksaan UNBK-nya menumpang, tetapi pastinya sekolah mana saja, saya belum mendapatkan laporan pasti," kata Arifin Nasir, Senin (9/4/2018).

Dua sekolah yang menumpang salah satunya yaitu SMAN 5 Batam, yang menumpang ke gedung SMKN 1 Batam.

"Satunya lagi saya lupa sekolah mana tadi, yang jelas ada dua sekolah. Karena keterbatasan komputer yang dimiliki sekolah tersebut," jelas Arifin.

Baca juga: 13 Siswa SMA di Gorontalo Jalan Seharian Susuri Hutan demi Ikuti UNBK

Arifin menambahkan, di Kepri ada 48 SMA yang mengikuti UNBK. Sementara di Batam ada 22 SMA yang melakukan UNBK mandiri dan dua SMA menumpang.

"Bahkan Batam memiliki peserta UNBK paling banyak jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya," jelasnya.

Dia menambahkan, demi kelancaran SMA yang melaksanakan UN dengan berbasis komputer, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan PLN agar tidak ada gangguan listrik nantinya.

"Memang ada kendala di SMAN 1 Batam, tetapi cepat ditindaklanjuti PLN Batam dan sekarang sudah berjalan lancar," ucap Arifin.

Sementara itu, salah satu siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 Batam yang mengikuti UNBK, Nawang Setyoningsih, mengatakan kepada Kompas.com, untuk bidang studi Bahasa Indonesia ada 50 soal.

"Ada 50 soal, memang tidak begitu sulit, tetapi membingungkan. Sebab, ada beberapa soal yang jawabannya mirip-mirip, jadi agak sulit untuk memilihnya," kata Nawang.

Nawang juga mengakui bahwa ada satu komputer yang mengalami kendala pada hari pertama di ruang kelasnya sehingga harus dilakukan dengan komputer yang lain.

"Kalau di kelas saya, ada satu komputer yang tidak berfungsi sehingga dilakukan pergantian komputer lainnya," ujar Nawang.

Baca juga: Patah Tulang, Siswa SMA di Kendal Ikut UNBK Diantar Ambulans

Kompas TV 82 Sekolah Menengah Atas di Maluku melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer Senin (9/4) pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com