Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Izin Telah Dicabut, Abu Tours Tetap Berangkatkan Jemaah Umrah

Kompas.com - 31/03/2018, 16:09 WIB
Hendra Cipto,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Meski izin penyelenggara haji dan umrahnya dicabut oleh Kementerian Agama (Kemenag), PT Amanah Bersama Ummat (Abu Tours) tetap memberangkatkan jemaahnya ke tanah suci Mekkah.

Di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sabtu (31/3/2018), tercatat sebanyak 352 orang jemaah Abu Tours berangkat umroh mengunakan pesawat Saudi Arabiah Airlines dengan nomor penerbangan SV 2061 UPG-JEDDAH.

Selain jemaah Abu Tours, ikut jemaah travel Nur Khazanah sebanyak 34 orang dan travel Patria Wisata sebanyak 50 orang.

(Baca juga: Polda Sumsel Periksa Kepala Cabang Abu Tours)

Humas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Turah Aji yang dikonfirmasi, mengatakan, seluruh jemaah umrah yang berangkat sebanyak 436 orang.

Jemaah umrah tersebut diberangkatkan oleh Abu Tours, travel Nur Khazanah, dan travel Patria Wisata. Seluruh jemaah bording sekitar pukul 13.40 Wita.

"Sejak pagi, jemaah umrah mulai berdatangan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Rombongan jemaah umroh masuk melalui pintu keberangkatan menuju depan konter checkin PT JAS airport service untuk pembagian pasport dan visa serta bording pass. Seluruh jemaah pun telah diperiksa oleh pihak Imigrasi sebelum pemberangkatan," katanya.

(Baca juga: Dari Total Rp 1,8 Triliun Dana Jemaah, Aset Abu Tours yang Disita Baru Rp 150 Miliar)

Saat menunggu pemberangkatan, lanjut Turah, sempat ada dua jemaah dari Abu Tours yang awalnya dinyatakan batal berangkat karena menunggu konfirmasi dari Jakarta. Namun, akhirnya dua jemaah tersebut tetap diberangkatkan karena sudah dinyatakan lengkap pengurusan dari Abu Tours.

"Dua jemaah yang hampir batal berangkat itu yakni jemaah umrah pria Ansar Sainuddin dan jemaah umrah wanita Arrifa Annisa Syam. Tapi semua jemaah sudah diberangkatkan, karena semua pengurusan dan dokumen sudah dinyatakan lengkap," tambahnya.

Kompas TV Setelah sejumlah anggota jemaah yang gagal berangkat umrah, kini giliran mitra agen Abu Tours di Palembang melaporkan Ridwan Raysid ke polisi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com