Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Gangguan Jiwa, Emak yang Gigit Polisi Dititipkan di Rumah Sakit

Kompas.com - 23/02/2018, 11:07 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

KUDUS, KOMPAS.com — Wanita yang menggigit tangan kanan anggota Satuan Lalu Lintas Polres Kudus, Jawa Tengah, Briptu Erlangga Hananda Seto, diduga menderita gangguan jiwa. Saat ini ibu dua anak tersebut tengah menjalani serangkaian pemeriksaan psikis oleh tim medis RSUD Loekmono Hadi, Kudus.

"Semalam pelaku kami titip rawatkan di rumah sakit untuk diobservasi karena memang ada riwayat gangguan jiwa," ujar Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning kepada Kompas.com, Jumat (23/2/2018).

Agusman menjelaskan, keterangan pihak keluarga menyatakan bahwa Anik Tri Kurniawati (45), warga Kecamatan Jati, Kudus, tersebut pernah dirawat di RSUD Loekmono Hadi karena kondisi kejiwaannya yang terganggu. 

"Berobat terakhir tahun 2016. Penyebabnya karena faktor keturunan keluarga. Adiknya juga alami gangguan jiwa. Jadi, si ibu ini sering kambuh saat terpancing emosinya. Kemungkinan kambuh saat anggota kami menghentikan laju sepeda motornya. Suaminya seorang pedagang dan si ibu ini ibu rumah tangga," kata Agusman.

Baca juga: Viral, Emak-emak Gigit Polisi karena Tak Terima Ditilang

Menurut Agusman, proses hukum yang menjerat Anik Tri Kurniawati tetap berlanjut sembari menunggu hasil observasi dari tim medis.

"Apa pun hasilnya tak menggugurkan proses hukum. Biar nanti majelis hakim yang memutuskan. Kami tilang dan nanti kami kembalikan sepeda motornya," ucap Agusman.

Untuk diketahui, kejadian tidak menyenangkan dialami anggota Satuan Lalu Lintas Polres Kudus, Jawa Tengah, Briptu Erlangga Hananda Seto, Kamis (22/2/2018) pagi. Saat itu, dirinya tengah bertugas mengurai arus lalu lintas di Jalan Ahmad Yani, Kudus. 

Lokasi kejadian tak jauh dari hiruk pikuk kebakaran hebat yang melanda pusat perbelanjaan Matahari Mall Kudus, Jawa Tengah.

Polisi bertubuh tambun ini dimaki-maki seorang ibu berhijab. Bahkan, wanita yang terus mengamuk itu menabrakkan bodi depan sepeda motor matiknya ke tubuh Erlangga.

Tak sampai di situ, pengendara tunggal yang tak memakai helm itu bahkan menggigit tangan kanan Erlangga.

Kejadian ini terekam warganet hingga video amatirnya tersebar di media sosial.

Baca juga: Kronologi Emak-emak Gigit Polisi Gara-gara Tak Terima Ditilang

Dalam video yang diabadikan itu tampak jelas seorang wanita berkerudung biru gelap mencak-mencak karena tak terima hendak ditilang anggota Polres Kudus. Polisi itu pun terlihat begitu sabar meladeni kemarahan wanita itu.

Insiden berdurasi pendek ini cukup menggelikan karena tingkah laku si ibu tersebut. Pengendara sepeda motor yang tak memakai helm itu marah luar biasa setelah laju kendaraannya dihentikan polisi. Bukannya mengakui kesalahannya, wanita itu justru terus menunjukkan sikap yang tidak pantas.

Dengan menuntun sepeda motor matik yang telah dimatikan mesinnya, ia terus membentak polisi berseragam lengkap itu. Wanita itu kemudian dengan sengaja menabrakkan sepeda motor berpelat K 2899 HR itu ke tubuh polisi dengan ekspresi geregetan.

Sesaat kemudian, wanita itu turun dari sepeda motor menghampiri polisi itu. Kali ini wanita itu menggigit tangan kanan polisi yang terus bersabar tanpa perlawanan.

"Panjenengan itu mboten mbetho helm ditilang kok mboten gelem (Ibu itu tidak bawa helm, ditilang kok tidak mau)," kata polisi itu.

"Sudah, helm harganya berapa, tak kasih uang, satu juta?" ujar wanita bertubuh kecil itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com